visitaaponce.com

Gandeng Seasoldier, PIS Gelar Literasi Kelautan dan Tanam Mangrove di Bali

Gandeng Seasoldier, PIS Gelar Literasi Kelautan dan Tanam Mangrove di Bali
Kegiatan literasi kelautan yang dilaksanakan di SD No.1 Tanjung Benoa, Kula Selatan, Badung, Bali. (Ist)

PT Pertamina International Shipping (PIS) berkolaborasi dengan Seasoldier untuk melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yaitu literasi kelautan dan aksi penanaman mangrove di Tanjung Benoa, Bali. 

Menutup akhir tahun, kerja sama ini merupakan rangkaian program TJSL PIS “berSEAnergi untuk laut” dengan tujuan implementasi memberikan edukasi kelestarian laut dan menumbuhkan kecintaan pada lingkungan terhadap anak usia dini juga masyarakat umum.

Pertama, kegiatan literasi kelautan berupa dukungan kelengkapan perpustakaan beserta pemberian buku tematik kelautan yang dilaksanakan di SD No.1 Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.  Kedua, kegiatan penanaman mangrove di Tahura Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali.

Baca juga: PIS dan Karpowership Jalin Kerja sama Kembangkan Infrastruktur Energi Bersih

Manager Stakeholder Mangement PIS Vega Pita, memaparkan kembali pentingnya meningkatkan indeks literasi khususnya literasi kelautan terhadap masyarakat umum dimana 70% wilayah Indonesia merupakan lautan. 

Memiliki wilayah operasi sebagian besar di lautan, PIS berkomitmen untuk mendukung kelestarian ekosistem laut,

Baca juga: Gandeng doctorSHARE, PIS Beri Layanan Rumah Sakit Apung untuk Papua

“berSEAnergi untuk laut melalui programnya memberikan edukasi kelautan dan penanaman mangrove untuk menjaga keberlanjutan laut, tentunya akan berdampak positif tidak hanya terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia tetapi juga secara global," ujar Vega.

Kolaborasi “berSEAnergi untuk laut” ini berjalan lancar dengan dukungan oleh komunitas pecinta lingkungan Seasoldier yang dihadiri secara langsung oleh Founder & COI Seasoldier Foundation Dinni Septianingrum.

Baca juga: Genjot Investasi Kapal Baru, PIS Kerja Sama dengan Dua Lembaga Keuangan Korsel

Kegiatan “berSEAnergi untuk laut” disambut positif oleh Kepala Sekolah SD No. 1 Tanjung Benoa Ni Wayan Werti, Kepala Wilayah Disdikpora Kecamatan Kuta Selatan sekaligus Pengawas SD No. 1 Tanjung Benoa I Gusti Made Mustika, dan Ketua Komite Sekolah I Wayan Hardika, UPTD Tahura Ngurah Rai Made Yuda Wibawa di Tahura Ngurah Rai, Bali. 

Implementasi literasi kelautan yang menjadi bagian program TJSL PIS “berSEAnergi untuk laut” hingga saat ini sudah terlaksana di 20 sekolah diantaranya renovasi 5 perpustakaan, pemberiaan 800 buku tematik kelautan dengan penerima manfaat sebanyak 2800 pelajar.

Sepanjang tahun 2023 PIS telah berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan dengan menanam  6.523 bibit mangrove. 

Selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan utamanya poin 4 terkait pendidikan dan poin 14 menjaga ekosistem laut, PIS juga berkomitmen dalam implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) untuk mewujudkan kecintaan lingkungan utamanya di wilayah pesisir. (RO/S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat