visitaaponce.com

Gempa Magnitudo 6,6 M Guncang Perairan Barat Aceh

Gempa Magnitudo 6,6 M Guncang Perairan Barat Aceh
Ilustrasi alat pemantau gempa bumi.(MI)

GEMPA bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah perairan barat Aceh pada Sabtu, 30 Desember 2023 pukul 12.19 WIB. Pusat gempa berada di 386 kilometer arah barat daya Calang, Aceh Jaya, pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun, getaran gempa dirasakan cukup kuat di wilayah pesisir barat Aceh, mulai dari Aceh Selatan hingga Simeuleu.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, beberapa warga sempat keluar rumah karena panik. Namun, belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini.

Baca juga: Gempa Pangandaran, Satu Rumah Rusak Ringan

Menurut seismologist Pusat Gempa Regional BMKG Wilayah I, Andrean Simanjuntak, gempa ini terjadi di luar zona subduksi, sehingga kemungkinan disebabkan oleh aktivitas tektonik dari Investigator Fracture Zone (IZF). IFZ merupakan zona patahan yang memiliki orientasi sesar mengiri dan terletak di perairan barat Sumatra.

"IZF terbentuk akibat pergerakan lempeng India yang bergerak ke arah utara dan meninggalkan jejak-jejak patahan di perairan barat Sumatra," kata Andrean.

Baca juga: Gempa M 5,5 di Pangandaran Merusak Gedung KUA

Gempa dengan kekuatan yang sama pernah terjadi di IFZ pada tahun 2012. Gempa tersebut memiliki magnitudo hingga 8 dan menjadi gempa IFZ terbesar dalam sejarah.

Andrean mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Masyarakat juga diminta untuk mengikuti informasi resmi terkait gempa bumi dari BMKG.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat