visitaaponce.com

Ulama Aceh Minta Presiden Jokowi Selesaikan Masalah Rohingya

Ulama Aceh Minta Presiden Jokowi Selesaikan Masalah Rohingya
Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tengku Faisal Ali berdialog dengan anak pengungsi Rohingya, Sabtu (30/12).(MGN)

KETUA Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tengku Faisal Ali menyampaikan pesan khusus untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Ia meminta Presiden Jokowi untuk segera menyelesaikan permasalahan pengungsi Rohingya di Aceh.

Ia meminta Pemerintah Pusat tidak memberikan tanggung jawab penanganan Rohingya ini kepada pemerintah daerah atau masyarakat Aceh.

"Kepada bapak Presiden Jokowi saya meminta menyelesaikan kasus Rohingya oleh Pemerintah Pusat secepatnya, ini harapan saya," kata Tgk Faisal Ali saat mengunjungi pengungsi Rohingya di gedung Balee Meuseuraya Aceh (BMA) Sabtu, 30 Desember 2023.

Baca juga : Pengungsi Rohingya yang Diusir Mahasiswa Aceh Sempat Mogok Makan, Tuntut Tempat Layak

Dirinya sangat berharap di akhir masa jabatannya Presiden Jokowi bisa menyelesaikan semua permasalahan Rohingya di Aceh yang kini menjadi polemik di masyarakat.

"Karena selama ini belum ada aksi apapun terhadap penanganan Rohingya. Ini harapan saya dari lubuk hati yang paling dalam, saya sangat berharap kepada bapak Presiden untuk menuntaskan kasus Rohingya di Aceh," katanya.

Pernyataan itu disampaikan Tgk Faisal Ali setelah memberikan bantuan berupa air dan makanan ringan kepada para pengungsi Rohingya di Balai Meuseuraya Aceh (BMA), di Banda Aceh.

Baca juga : Tolak Rohingya, Mahasiswa Aceh Minta Pengungsi Dipulangkan ke Negaranya

Pada kesempatan itu Lem juga berharap dan mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh baik yang senang atau tidak untuk berpartisipasi memberikan apa yang bisa diberikan terhadap pengungsi.

Bagi yang tidak senang, lanjut Lem, mungkin bisa berdoa saja, dan jangan sampai melakukan sesuatu yang di luar batas kewajaran. "Kalau kita tidak mampu memberikan pertolongan, janganlah kita mencegah orang yang akan berbuat baik," katanya.

Dalam kesempatan itu, sang dai juga menyampaikan pesan lewat hadis Rasulullah SAW yang berbunyi, "Bahwa barang siapa saja yang beriman dengan Allah SWT dan hari akhirat, maka hendaklah memuliakan tamu."

"Jadi tidak disampaikan ini tamu muslim, siapapun tamu dalam konteks kemanusiaan itu harus kita berikan semampu yang kita berikan," demikian Tgk Faisal Ali. (Ant/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat