visitaaponce.com

Jelang Pemilu, Lapas di NTT siapkan 16 TPS Khusus untuk Warga Binaan

Jelang Pemilu, Lapas di NTT siapkan 16 TPS Khusus untuk Warga Binaan
Ilustrasi Pemilu di dalam Lapas(MI/ Liliek Dharmawan)

MENJELANG pemilu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai melakukan persiapan untuk menyediakan TPS khusus di dalam lapas bagi warga binaan yang akan melakukan hak pilihnya. Di NTT, ada sebanyak 16 TPS khusus di dalam Lapas, yang akan disiapkan dalam Pemilu nanti.

Sebagai salah satu TPS khusus dalam pemilu nanti, lapas yang ada di seluruh NTT mulai melakukan persiapan dalam rangka memberikan hak pilih bagi warga binaan yang ada di dalam lapas, termasuk di Kota Kupang, NTT.

Kepala Divisi Lapas Kantor Wilayah Hukum dan Ham Provinsi NTT Maliki, melakukan sidak dan pemantauan di semua lapas dan rutan yang ada di Kota Kupang. Sidak ini untuk mengecek kesiapan lapas yang akan menjadi TPS khusus pada pemilu nanti.

Baca juga: PJ Bupati Majalengka Minta KPU Waspadai TPS di Titik Rawan Bencana

Dalam sidak ini, Kadiv Lapas mengecek persiapan mulai dari lapas perempuan dan lapas anak, juga pengecekan di rutan, dan di lapas dewasa. Dalam sidak ini, Kadiv lapas pun mengimbau kepada seluruh kepala lapas untuk meningkatkan pengamanan dan memastikan kesiapan sebagai TPS khusus dalam pemilu nanti. Di Kota Kupang nanti, ada 2 TPS khusus di dalam lapas, yang akan melayani sebayak 399 pemilih dari warga binaan lapas dan rutan.

Sementara itu, Kadiv Lapas Kantor Wilayah Hukum dan Ham NTT, Maliki, mrngatakatan, untuk wilayah NTT, ada sebanyak 16 TPS khusus di dalam lapas, dengan jumlah warga binaan yang melakukan hak pilih sebanyak 1974 pemilih di wilayah NTT.

Baca juga: Sukarelawan Anies-Muhaimin (Amin) Diminta Awasi TPS dengan Rekam dan Foto

Sehingga dipastikan seluruh lapas di NTT telah siap dengan TPS khusus dan menjamin keamanan serta dipastikan, tidak ada kecurangan dalam pemilu nanti. Petugas bersama KPU pun, telah melakukan sosialiasi bagi seluruh warga binaan yang telah memenuhi syarat, untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti. (Z-10)









Dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Ferdinandus Rabu, Metro TV

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat