visitaaponce.com

159 Ribu Narapidana Dapat Remisi Lebaran dari Pemerintah

159 Ribu Narapidana Dapat Remisi Lebaran dari Pemerintah
Warga binaan berbincang demngan petugas di blok hunian Lapas Kelas II Kendari(Antara)

KEMENTERIAN Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi serta pengurangan masa pidana khusus bagi narapidana dan anak binaan beragama Islam dalam momen Idul Fitri 1445 Hijriah. Remisi dan pengurangan masa pidana khusus itu dinikmati oleh 159.557 narapidana serta serta anak binaan.

Ketua Kelompok Kerja Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Deddy Eduar Eka Saputra mengatakan, dari angka tersebut, 158.343 di antaranya merupakan narapidana yang menerima remisi khusus. Sebanyak 157.366 mendapat remisi khusus I, yakni pengurangan sebagian.

"Dan 977 orang mendapat remisi khusus II atau langsung bebas," kata Deddy lewat keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Selasa (9/4).

Baca juga : 899 Napi di Bali Dapat Remisi Lebaran

Adapun anak binaan yang mendapat pengurangan masa pidana khusus sebanyak 1.214 orang yang 19 di antaranya langsung dinyatakan bebas, sedangkan sisanya menerima pengurangan masa menjalani pidana sebagian.

Menurut Deddy, besaran remisi khusus bagi narapidana dan pengurangan masa pidana khusus bagi anak binaan pada Idul Fitri 1445 Hijriah kali ini bervariasi, mulai dari 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari, sampai maksimal 2 bulan. Ia menyebut, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur mencatatkan jumlah narapidana penerima remisi khusus terbanyak, yakni sebanyak 16.608 orang.

Sementara itu, urutan kedua dan ketiga ditempati Jawa Barat dengan 16.336 narapidana dan Sumatera Utara dengan 16.030 narapidana. Sementara jumlah anak binaan penerima pengurangan masa pidana khusus terbanyak berasal dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara (102 anak binaan), Jawa Barat (98 orang), dan Sumatera Selatan (86 orang). (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat