visitaaponce.com

Kabupaten Berau Raih Kinerja Terbaik Peringkat Ketiga Se-Kaltim

Kabupaten Berau Raih Kinerja Terbaik Peringkat Ketiga Se-Kaltim
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.(Dokpri.)

KABUPATEN Berau meraih capaian kinerja terbaik peringkat ketiga pada 2023 dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur dengan tujuh panji keberhasilan. Untuk peringkat pertama diduduki Kota Balikpapan dengan 17 panji dan peringkat kedua Kabupaten Kutai Kartanegara meraih 13 panji.

Adapun capaian panji keberhasilan pembangunan yang diterima Berau yaitu bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif kategori kabupaten, ketahanan pangan, pembangunan kelautan dan perikanan, sektor dekranasda, penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil kategori kabupaten, pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kategori kabupaten, serta pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengungkapkan momen peringatan HUT ke-67 Provinsi Kaltim merupakan bagian dalam evaluasi program yang telah dijalankan selama ini sekaligus pembenahan untuk mencapai target yang lebih baik lagi.
Menurutnya, sejauh ini pembangunan yang dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat. Banyak kemajuan yang terjadi baik dari sisi pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Bantul Siaga Darurat Bencara Hidrometeorologi hingga Maret 2024

"Mari kita jadikan peringatan ini agar menjadi lebih baik lagi ke depan serta semangat dan motivasi tinggi dalam menghadapi tantangan. Terlebih saat ini Kaltim telah ditetapkan sebagai IKN. Ini merupakan anugerah yang harus disyukuri. Jadikan kesempatan ini sebagai pionir pembangunan di Nusantara," ujarnya pada Upacara Peringatan HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Timur di Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (9/1/2024). Pada upacara ini diserahkan Panji Keberhasilan Pembangunan kepada pemerintah kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur.

Akmalu juga menyampaikan selamat kepada masing-masing daerah yang telah meraih panji keberhasilan pembangunan. Capaian ini menjadi sebuah motivasi kepada setiap daerah untuk lebih memacu pembangunan dan terus berinovasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Ini bukan kompetisi tetapi apresiasi untuk lebih meningkatkan kinerja serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di masing-masing daerah," tegasnya. 

Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan panji keberhasilan pembangunan yang diraih merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) dari organisasi perangkat daerah (OPD). Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi untuk terus berbuat yang lebih baik lagi bagi daerah. "Tentu ini menjadi semangat bagi daerah. Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau dan para ASN yang selama ini bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Berau," jelasnya.

Baca juga: Abu Vulkanik Masuk Bandara, Penerbangan Kupang-Larantuka Tutup Sementara

Dalam kesempatan ini, Sri menegaskan agar OPD yang belum menerima panji bisa memacu kinerja sehingga di 2024 Berau kembali menerima penghargaan lebih banyak. "Saya harap OPD bisa menargetkan penerimaan panji ini karena panji pembangunan merupakan indikator keberhasilan daerah dalam menjalankan program pembangunan di masing-masing bidang," tegasnya. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat