visitaaponce.com

3 Pengungsi Rohingya Melarikan Diri dari Gedung BMA Banda Aceh

3 Pengungsi Rohingya Melarikan Diri dari Gedung BMA Banda Aceh
Polisi mengecek barang milik 3 pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Gedung BMA Banda Aceh.(Dok. Metro TV)

SEBANYAK tiga pengungsi Rohingya melarikan diri dari penampungan sementara Gedung Balee Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh. Mereka adalah Sana Ullah (22), Shobir Hossain (19) dan Azim Ultah (19). Ketiganya berjenis kelamin laki-laki.

Kasatintelkam Polresta Banda Aceh, Kompol Suryo Sumatri Darmoyo, mengatakan para pengungsi Rohingya tersebut melarikan diri tanpa membawa barang bawaannya pada Selasa, 23 Januari 2024 dini hari.

"Barang mereka tinggalkan berikut dengan ada satu gelang (identitas dari UNHCR). Jadi diduga dua gelang itu masih dibawa oleh dua orang. Jadi ada satu yang tidak memakai gelang dan dua orang memakai gelang," kata Suryo, Selasa, 23 Januari 2024.

Baca juga: 190 Pengungsi Rohingya di Aceh Kabur dari Penampungan Sepanjang 2023

Suryo mengatakan, ketiga pengungsi Rohingya tersebut murni melarikan diri dari Gedung BMA. Ia juga menduga para pengungsi itu masih berada di area Banda Aceh.

"Tidak ada alat komunikasi yang mereka gunakan. Karena kesemua alat komunikasi beberapa waktu lalu telah diamankan oleh Pihak kepolisian," ujarnya.

Baca juga: Warga Menolak Rencana Pemindahan 137 Pengungsi Rohingya Ke Gedung PMI Aceh

Suryo meminta kepada masyarakat apabila melihat tiga orang yang mencurigakan, yang diduga pengungsi Rohingya, untuk menginformasikan ke kepolisian terdekat.

"Kami minta kepada masyarakat mungkin apabila ada yang melihat tiga orang yang mencurigakan, yang diduga dia mungkin pengungsi Rohingya bisa diinformasikan ke kepolisian terdekat," jelasnya.

Saat ini etnis Rohingya yang berada di BMA tersisa sebanyak 124 orang, diantaranya tiga melarikan diri, tiga menjadi tersangka yang ditahan di Polresta Banda Aceh dan tujuh masih dijadikan saksi oleh Satreskrim Polresta Banda Aceh.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat