visitaaponce.com

Warga Menolak Rencana Pemindahan 137 Pengungsi Rohingya Ke Gedung PMI Aceh

 Warga Menolak Rencana Pemindahan 137 Pengungsi Rohingya Ke Gedung PMI Aceh
Pemindahan pengungsi Rohingya ke Gedung PMI Aceh ditolak masyarakat(Antara)

RENCANA pemindahan 137 pengungsi Rohingya di gedung Balai Meuseraya Aceh atau BMA ke gedung PMI Aceh mendapatkan penolakan dari warga setempat. Warga keberatan para pengungsi bermukim di gedung PMI Aceh lantaran berpotensi menimbulkan konflik dan merugikan masyarakat setempat.

Penolakan itu muncul setelah sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, keuchik (kepala desa), serta Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Darul Imarah dan Peukan Bada melakukan rapat koordinasi di Gedung PMI Aceh pada Rabu (3/1) kemarin.

Dari hasil rapat tersebut warga setempat memutuskan menolak penempatan pengungsi Rohingya di gedung PMI Aceh, dan meminta pemerintah untuk mencari solusi lain yang tepat.

Baca juga: Sosiolog: Posisi Pemerintah Tak Jelas dalam Tangani Masalah Pengungsi Rohingya

Penolakan tersebut dilakukan karena keberadaan gedung PMI Aceh bersinggungan langsung dengan pemukiman masyarakat, sehingga dikhawatirkan akan terjadi konflik antara masyarakat dengan pengungsi.

Sebelumnya, wacana pemindahan para pengungsi etnis Rohingya di Aceh ke gedung PMI Aceh disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD.

Baca juga: Ulama Aceh Minta Presiden Jokowi Selesaikan Masalah Rohingya

Penyataan itu muncul usai ratusan mahasiswa di Aceh menggelar aksi penolakan terhadap pengungsi Rohingya yang berada di basement gedung Balai Meuseuraya Aceh. (Z-10)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat