visitaaponce.com

43 Pengungsi Rohingya Kabur dari Kamp di Aceh Barat

43 Pengungsi Rohingya Kabur dari Kamp di Aceh Barat
Personel Satpol PP memeriksa dan membenahi barang-barang peninggalan imigran Rohingya di tempat penampungan di Aceh Barat.(Dok. Antara)

SELURUH pengungsi Rohingya yang ditampung di Kompleks Kantor Bupati Aceh Barat telah melarikan diri pada Sabtu, 1 Juni 2024 dini hari. Kaburnya para pengungsi ini menimbulkan pertanyaan mengenai tanggung jawab pihak terkait.

Menurut Asisten Satu Setda Kabupaten Aceh barat yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Pengungsi Etnis Rohingya di Aceh Barat, Samsul Alam, peran mereka selama ini hanya menyediakan tempat penampungan sementara.

"Terhadap pengungsi Rohingya di Kabupaten Aceh Barat, kita hanya menyediakan tempat tinggal sementara," kata Samsul, Selasa, 4 Juni 2024.

Baca juga : Kapal Bermuatan Ratusan Pengungsi Rohingya Terbalik di Aceh Barat

Samsul menegaskan Pemkab Aceh Barat tidak bertanggung jawab atas kaburnya para pengungsi, dan tanggung jawab sepenuhnya berada di tangan UNHCR.

"Kami tidak bertanggung jawab terhadap persoalan lain seperti makan, minum, dan obat-obatan. Semua itu ada pihak khusus, yaitu UNHCR," ujarnya.

Samsul menjelaskan semua kejadian terkait pengungsi Rohingya di Aceh Barat menjadi tanggung jawab UNHCR. Sehingga, Pemkab Aceh Barat tidak bertanggung jawab atas kaburnya para pengungsi. 

Baca juga : Pengungsi Rohingya yang Diusir Mahasiswa Aceh Sempat Mogok Makan, Tuntut Tempat Layak

"Semua kejadian ini ada yang bertanggung jawab dan di bawah UNHCR," jelasnya.

Sebelumnya, pada 1 Juni 2024 sebanyak 27 imigran etnis Rohingya di kamp penampungan sementara di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat kabur menjelang subuh dan hujan lebat saat para petugas yang menjaga sedang beristirahat. Sebelumnya, pada Jumat, 31 Mei 2024 sebanyak 16 imigran Rohingya juga kabur dr kamp tersebut. Sehingga total pengungsi Rohingya yang telah kabur dari kamp penampungan berjumlah 43 orang.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat