visitaaponce.com

Jelang Ramadan, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Juga Naik

Jelang Ramadan, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Juga Naik
Pedagang menjajakan bawang merah di pasar(MI / Ardi)

SEJUMLAH kebutuhan pokok di Palu, Sulawesi Tengah, mengalami kenaikan harga. Tidak terkecuali harga bawang merah dan bawang putih.

Salah satu pedagang, Nur Indah mengatakan, saat ini harga bawang merah naik menjadi Rp45 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp35 ribu per kg.

Sedangkan harga bawang putih dari Rp40 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg.

Baca juga : Harga Bawang Putih di Palu Masih Terpantau Tinggi

“Sudah ada empat hari lalu lah naik harga ini,” terangnya kepada Media Indonesia di Pasar Tradisional Inpres Manonda (PTIM) Palu, Rabu (6/3).

Menurut Nur, modal pengambilan di tingkat distributor menjadi penyebab naiknya harga bawang di pasaran.

“Tidak tahu juga kenapa naik harga di distributor. Yang pasti naik nya itu sampai Rp10 ribu per kg. Ini harga terbilang cukup tinggi sekali,” tegasnya.

Baca juga : Pusbarindo Dukung Pemerintah Stabilkan Harga Bawang Putih

Pedagang lainnya, Nardiman menjelaskan, meski harganya naik pasokan bawang merah dan bawang putih lancar masuk ke pasar. “Kalau stok aman tidak ada langka, cuman memang harganya mahal,” ucapnya.

Nardiman tidak begitu tahu apa penyebab tingginya harga jual di tingkat distributor. Namun ia menduga, karena pasokan bawang yang masuk ke Palu berasal dari Pulau Jawa.

“Biasanya memang kalau bawang merah dan bawang putih dari Jawa mahal modalnya. Beda dengan bawang dari Pulau Sulawesi. Cuman saat ini pasokan Pulau Jawa yang banyak,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat