visitaaponce.com

BMKG Ternate Siap Amati Hilal Ramadan Meski Terkendala Cuaca Berawan

BMKG Ternate Siap Amati Hilal Ramadan Meski Terkendala Cuaca Berawan*
Persiapan hilal di Ternate(MetroTV/Sahril H HI Kasim)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara bersiap untuk melakukan pemantauan hilal di Gedung Observatorium Stasiun Geofisika kelas tiga Ternate, yang terletak di Kelurahan Afe Taduma, Kota Ternate. Meski perkiraan cuaca di kota ini saat ini dipenuhi awan tebal, BMKG tetap melakukan persiapan untuk memantau hilal.

Stasiun kelas tiga BMKG Ternate memulai persiapan alat teleskop untuk pengamatan hilal sejak pukul 16.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Minggu (10/3). Proses pengamatan dijadwalkan berlangsung selama 1 jam, dimulai dari pukul 18.00 WIT hingga matahari terbenam pukul 19.00 WIT.

Kepala BMKG Maluku Utara Gede Eriksana Yasa menyampaikan bahwa berdasarkan perhitungan BMKG, sudut elongasi bulan saat ini mencapai 1 derajat 53 menit 98 detik dengan tinggi hilal minus 0 derajat. Meskipun demikian, kondisi cuaca berawan gelap di Kota Ternate bisa menjadi hambatan bagi pengamatannya.

"Kami melakukan persiapan dengan matang untuk memastikan bahwa pengamatan hilal dapat dilakukan dengan akurat. Namun, kondisi cuaca berawan gelap dapat menjadi hambatan. Sudah kami siapkan alat teleskop dan tim pengamatan untuk memonitor situasi," ungkap Gede Eriksana Yasa

Pemantauan hilal penting karena menentukan awal bulan dalam kalender Islam, termasuk penentuan awal bulan Ramadan. Meski cuaca berawan menjadi tantangan, BMKG Ternate berharap dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pemantauan hilal tersebut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat