visitaaponce.com

Jelang Arus Mudik, Jalingkut Tegal-Brebes Hubungkan Jakarta Diperbaiki

Jelang Arus Mudik, Jalingkut Tegal-Brebes Hubungkan Jakarta Diperbaiki
Pekerja sedang memasang pipa untuk saluran drainase Jalingkut Tegal-Brebes.(MI/Supardji Rasban)

MENJELANG musim arus mudik Lebaran 2024, ruas jalan lingkar utara (Jalingkut) yang menghubungkan Kota Tegal dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ke arah Jakarta dan sebaliknya, diperbaiki. Namun, perbaikan dengan pembetonan jalan tersebut tidak bisa rampung hingga Lebaran mendatang, karena diperkirakan memakan waktu hingga delapan bulan.

Staf PPK 1.1 Bna Marga ruas Losar-Pemalang, Dwi Deny Apriliano, Senin (18/3/2024), menyampaikan perbaikan jalan di ruas Jalingkut Kota Tegal, sepanjang 1 kilometer ini dilakukan dengan mengupas beton lama dan menggantinya dengan beton baru. "Jalingkut ini merupakan jalur yang digunakan untuk mengurangi kepadatan
di jalur Pantura dalam kota Tegal dan Brebes," ujar Dwi Deny.

Dwi Deny menuturkan, perbaikan jalan dengan lebar lima belas meter tersebut memakan waktu delapan bulan atau baru kelar pada November mendatang. "Jadi pada saat arus mudik Lebaran baru bisa digunakan secara fungsional," terang Dwi Deny.

Warga yang tinggal di sekitar Jalingkut Tegal-Brebes, Muhammad Rally, 67, mengaku senang ada perbaikan jalan, meski muncul kepadatan arus lalu lintas. "Ya harapannya agar perbaaikan jalan cepat selesai sehingga bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas," ujar Muhammad Rally.

Selain digunakan untuk mobil pribadi, Jalinkut Tegal-Brebes menjadi favorit kendaraan angkutan berat yang tidak menggunakan ruas tol. Akibat ada perbaikan, Satlantas Polres Tegal Kota melakukan rekayasan lalu lintas contraflow di lajur sisi utara. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat