visitaaponce.com

Aktivitas 3 Gunung Api di Indonesia masih Tinggi

Aktivitas 3 Gunung Api di Indonesia masih Tinggi
Tiga gunung api mengalami peningkatan aktivitas(Antara)

AKTIVITAS tiga gunung api di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadi peningkatan aktivitas vulkanis di Gunung Ruang, Sulawesi Utara; Gunung Lewotobi Laki-laki di Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Ibu di Maluku Utara.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan menyatakan aktivitas Gunung Ruang terpantau dengan adanya gempa vulkanis dangkal, vulkanis dalam dan gempa tektonik jauh.

"Tingkat aktivitas Gunung Ruang masih di level IV awas," ungkap Hendra.

Baca juga : 7 Bandara Ditutup karena Erupsi Gunung Ruang, Berikut Daftarnya

Pihaknya merekomendasikan pengosongan wilayah dalam radius 7 kilometer dari pusat kawah aktif. Sementara warga yang bermukim di Pulau Tagulandang juga harus segera diungsikan.

Sementara di Gunung Lewotobi Laki-Laki, erupsi kembali terjadi pada Jumat (3/5) pukul 08.15 WITA. Tinggi kolom abu mencapai 200 meter di atas puncak.

"Status Gunung Lewotobi Laki-Laki berada pada level II waspada. PVMBG merekomendasikan pengosongan areal dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi," jelasnya.

Di Gunung Ibu, tambah Hendra, terjadi erupsi pada Kamis (2/5) pada pukul 23.14 WIT. Kolom abu mencapai ketinggian 2.000 meter.

"Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berajak 3,5 kilometer di bagian utara dari kawah aktif," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat