visitaaponce.com

Diterjang Banjir Bandang, Bendungan Bonelemo di Luwu Rusak

Diterjang Banjir Bandang, Bendungan Bonelemo di Luwu Rusak
Banjir di Luwu.(Metro TV/Nurhalim Ali)

PASCAbanjir bandang dan tanah longsor yang menerjang 13 kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejak sembilan hari lalu, bendungan Bonelemo menjadi rusak, Sabtu (11/5/2024). 

Bendungan yang mengairi ribuan hektare area persawahan di beberapa kecamatan ini mengalami rusak parah, bahkan sebagian tembok terbongkar.

Saluran irigasi dari bendungan tersebut sudah tersumbat karena dipenuhi material lumpur serta batang kayu besar.

Baca juga : Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Luwu, Tujuh Meninggal

Selain merusak bendungan irigasi, banjir bandang dan tanah longsor yang menyebabkan belasan korban jiwa ini juga menghanyutkan sedikit sembilan rumah warga di daerah tersebut, delapan rusak berat, serta lima lain rusak ringan.

Menurut Kepala Desa Bonelemo, Baso, bahwa bencana banjir bandang dan tanah longsor ini menyebabkan sejumlah fasilitas di wilayahnya rusak, termasuk bendungan, rumah, serta fasilitas pendidikan.

Hingga saat ini, pihaknya bersama warga setempat bahu membahu untuk merehabilitasi dampak akibat bencana tersebut. Bahkan pihaknya segera membangun rumah baru bagi para korban yang rumahnya hanyut terseret banjir.

Dari data posko induk bencana Luwu, masih ada sejumlah desa di Kecamatan Latimojong serta Suli Barat yang terisolasi, sehingga SAR gabungan harus mendistribusikan logistik dengan menggunakan motor trail. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat