visitaaponce.com

Pengunjung Candi Borobudur saat Waisak Diprediksi Capai 300 Ribu Wisatawan

Pengunjung Candi Borobudur saat Waisak Diprediksi Capai 300 Ribu Wisatawan
Candi Borobudur, kembali menjadi lokasi puncak perayaan ibadah para umat Buddha tahun ini(Antara)

JUMLAH wisatawan yang akan mengunjungi Candi Borobudur saat libur Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 masehi diprediksi capai 300 ribu wisatawan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan Candi Borobudur, kembali menjadi lokasi puncak perayaan ibadah para umat Buddha tahun ini, sehingga menarik wisatawan untuk hadir di lokasi tersebut.

"Atas arahan bapak Presiden untuk memajukan pariwisata di bidang wisata religi, dan target 200 ribu sampai 300 ribu peserta wisatawan yang akan berkumpul di destinasi Super Prioritas Borobudur," ungkap Sandiaga saat Penyambutan Bhikkhu Thudong menuju Candi Borobudur, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Jumlah wisatawan tersebut, turut berpengaruh pada tingkat keterisian penginapan di sekitaran Candi Borobudur hingga wilayah Yogyakarta.

Baca juga : Angka Wisatawan ke Candi Borobudur Ditargetkan Naik 5% Selama Libur Lebaran

"Setiap acara Waisak ini seluruh hotel, homestay sampai desa-desa wisata di sekeliling balkondes yang ada di seputaran Borobudur habis terpesan dan ini membuka lapangan kerja dan kesejahteraan bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkapkan pada momen Waisak tahun ini berdasarkan informasi awal yang diterimanya, penginapan di sekitaran Candi Borobudur mayoritas dipenuhi wisatawan domestik.

"Memang saat ini sebagian besar pengunjung masih dalam domestik. Jadi pergerakan wisatawan domestik," ujar Maya.

Meski demikian, lanjut Maya, dirinya juga sudah mengantongi informasi akan banyaknya minat dari wisatawan mancanegara untuk menghadiri perayaan Hari Tri Suci Waisak 2024 di Candi Borobudur.

"Tapi sudah ada banyak sekali interest dari internasional. Kami mendapatkan interest dari Thailand, Vietnam, China, dan Korea. Jadi harapannya untuk kedepannya ini bisa menjadi katalis membawa wisatawan internasional masuk ke Indonesia," imbuhnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat