visitaaponce.com

Hari ke-19, Pencarian 10 Orang Hilang Banjir Bandang Sumbar Tetap Dilanjutkan

Hari ke-19, Pencarian 10 Orang Hilang Banjir Bandang Sumbar Tetap Dilanjutkan
Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban banjir bandang di Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat.(Dok. Antara)

MEMASUKI hari ke-19 pencarian 10 korban hilang diterjang banjir bandang atau galodo gunung Marapi beberapa waktu lalu itu masih nihil atau belum ada hasil. Namun upaya pencarian oleh tim SAR gabungan TNI, Polri, Marinir, Basarnas dan juga PMI masih tetap dilanjutkan, tim masih terus bekerja.

“Hari ini masuk hari ke-19 pencarian 10 korban banjir lahar dingin gunung Marapi yang masih belum ditemukan, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga dari 10 korbang yang masih belum ditemukan agar ikhlas, semoga dengan keikhlasan tersebut akan lebih memudahkan untuk pencarian korban. 7 dari 10 korban hilang sudah ikhlas, 3 lagi sedang diupayakan, maka dari itu malam ini kita kembali adakan rapat evaluasi," ucap Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kamis (30/5).

Terkait pencarian korban ini Bupati Eka Putra minta Tim SAR gabungan untuk terus melanjutkan pencarian. Namun dengan tetap memperhatikan keselamatan tim, APD lengkap dan lainnya, walau batas waktu pencarian telah usai namun tim dengan semangat kemanusiaan yang tinggi masih terus melakukan pencarian.

Baca juga : Sstem Peringatan Dini Bencana Galodo Ditarget Rampung Tahun Ini

Dikatakan Bupati Eka Putra, malam-malam sebelumnya juga telah diadakan rapat evaluasi terkait batu-batu besar di aliran sungai yang berhulu di Marapi, dipantau dari drone dan upaya yang akan dilakukan.

Danyon Marharlan II Mayor Marinir Denny Aprianto Putro beri masukan terkait pencarian korban untuk dapat memaksimalkan pemakaian alat seperti hagglund PMI dan ekskavator. Mengingat lokasi pencarian yang berlumpur dan bercampur material gunung yang cukup dalam serta perlu juga memperhatikan kearifan lokal atau informasi-informasi dari masyarakat setempat.

Sementara itu, Basarnas dalam paparan yang disampaikan Samsul Akmal di hari ke-19 pencarian tim yang turun sebanyak 68 personil dengan tingkat kesulitan yang dihadapi seperti tanah berlumpur yang cukup dalam dan hasil pencarian masih nihil.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat