visitaaponce.com

Gunung Marapi Erupsi, Status Level III Siaga

Gunung Marapi Erupsi, Status Level III Siaga
Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Jorong Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

GUNUNG api Marapi di Sumatra Barat kembali erupsi pada Kamis (30/5) pukul 13.04 WIB. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara ini sekitar 2 menit 2 detik.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan kolom abu teramati sekitar 2 ribu meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

"Dentuman pada erupsi kali ini terdengar sampai dengan pos Pengamatan Gunung api Marapi di Bukittinggi, Sumatra Barat," kata Muhari dalam keterangannya, Kamis (30/5).

Baca juga : Erupsi dan Banjir Lahar Dingin Marapi Masih Berpotensi Terjadi

"Saat ini status Gunung api Marapi berada pada Status Level III Siaga," tambahnya.

BNPB mengimbau warga masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung api Marapi untuk selalu waspada dan tidak melakukan kegiatan dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah Verbeek) Gunung api Marapi.

"Masyarakat dihimbau untuk menjauhi daerah aliran sungai yang berhulu ke Gunung api Marapi dan waspada terhadap potensi risiko bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat terjadi hujan," ujar dia

Masyarakat hendaknya memakai masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari dampak jika terjadi hujan abu.

"Seluruh pihak agar menjaga suasana yang kondusif di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong atau hoaks, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah," pungkasnya. (Iam/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat