visitaaponce.com

Korban Banjir di Sumbar Dapat Pelatihan Keterampilan

Korban Banjir di Sumbar Dapat Pelatihan Keterampilan
Relawan melakukan pembersihan sekaligus pencarian korban bencana banjir di Nagari Parambahan, Tanah Datar, Sumatera Barat( ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) memberikan pelatihan keterampilan untuk korban bencana banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. 

Di lokasi pengungsian Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam, Kemensos memberikan pelatihan membuat kue dan merajut benang. Sedangkan korban bencana di Tanah Datar mendapat pelatihan membuat sandal.

“Sandal yang sudah selesai dibuat, nanti saya bantu dalam pemasarannya,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat melihat pelatihan membuat sadal di Lapangan Hijau Lima Kaum di Kabupaten Tanah Datar, dilansir dari keterangan resmi, Rabu (22/5).

Baca juga : 335 Rumah Baru Disiapkan untuk Korban Banjir Lahar di Sumbar

Di tempat itu pengungsi mendapat pelatihan membuat sandal. Semua bahan baku sudah disediakan Kemensos, sedangkan korban bencana tinggal mengelem dan memotong sandal sesuai ukuran.

Pelatihan keterampilan atau vokasional diberikan kepada para pengungsi untuk memberdayakan mereka. Setelah tertimpa bencana, biasanya ada persoalan ekonomi. Pelatihan keterampilan yang diberikan Kemensos, diharapkan bisa memberikan tambahan penghasilan untuk menopang ekonomi mereka.

Ernawati, 28, salah seorang peserta pelatihan mengaku senang dengan adanya pelatihan keterampilan karena bisa mengurangi rasa traumanya.

Erna kehilangan warung nasi miliknya karena terbawa arus banjir. “Harapannya setelah ikut pelatihan keterampilan ini jadi ada kehidupan yang baru yang lebih baik. Punya modal untuk membuka usaha,” kata Erna.

Selain memberika pelatihan, di pengungsian Kemensos juga membuka layanan psikososial terutama bagi anak-anak di pengungsian. Layanan ini diberikan untuk menghilangkan trauma anak-anak setelah tertimpa bencana. (Des/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat