visitaaponce.com

Gerakan Amanah Tingkatkan Semangat Kewirausahawan Pemuda Aceh

Gerakan Amanah Tingkatkan Semangat Kewirausahawan Pemuda Aceh
Anak muda diharapkan dapat melanjutkan warisan pengrajin tradisional dengan sentuhan inovasi yang lebih kreatif(Dok)

GERAKAN Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menggelar pelatihan bordir bagi para anak muda di Aceh. Kegiatan positif ini diharapkan  jadi jembatan bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi mereka dalam berbagai bidang, termasuk seni bordir yang kreatif dan inovatif. Terlebih memberikan peluang usaha baru untuk anak muda Aceh. 

Pembingbing pelatihan, Yuyun, mengatakan pengetahuan tambahan tentang penempatan pola-pola pada kain yang diberikan pada hari terakhir menjadi puncak manis bagi pelatihan yang telah berjalan lancar.

"Untuk bakat mereka sendiri disini itu sangat terlihat ya, mereka langsung mengeksplore diri gitu, mengeluarkan bakat-bakat yang ada, keinginan mereka yang ada untuk mengulik macam-macam motif dengan dipadu padankan untuk menjadi satu kesatuan bordir yang bagus” kata Yuyun dalam keterangannya, Kamis (6/6). 

Baca juga : Pilkada dan Masa Depan Aceh

Yuyun berharap agar para anak muda dapat melanjutkan warisan pengrajin tradisional dengan sentuhan inovasi yang lebih kreatif. Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam memajukan industri bordir Aceh ke tingkat yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian lokal.

“Sebagian besar pembordir di Aceh itu memang pekerjaanya terutama ibu-ibu itu membordir. Tapi kebutuhan untuk membordir Aceh sekarang membutuhkan anak muda untuk meneruskan kita menjadi pengrajin-pengrajin di Aceh yang lebih bisa maju, stylish dan bisa mengikuti perkembangan zaman," jelasnya.

Peserta Cut Novitasari (21) dan Intan (19), mengaku merasa senang atas ilmu baru yang mereka dapatkan dan bersyukur atas kesempatan bertemu dengan teman baru serta mempelajari teknik bordir dari berbagai daerah.

Baca juga : Warga Aceh di Mekah Terima Dana Wakaf Habib Bugak Asyi

Intan mengungkapkan senang karena bisa memperoleh ilmu baru selama mengikuti pelatihan tersebut. Dari hari pertama hingga hari terakhir, dia dan rekan-rekannya diajarkan berbagai teknik bordir yang beragam. 

Intan berasal dari Aceh Tengah, tempat di mana dia hanya terbatas pada satu jenis bordir, yaitu bordir kerawang gayo. Namun, dengan pelatihan ini, dia bisa memperluas wawasannya.

"Jadi disana hanya bisa belajar bordir kerawang gayo. Tapi disini kita diajarkan juga dari daerah lain," imbuhnya.

Sementara itu, Cut Novitasari juga menyuarakan rasa terima kasihnya terhadap AMANAH atas kegiatan pelatihan tersebut. Dia menilai AMANAH telah luar biasa dalam mengadakan pelatihan seperti ini. 

Dia berharap agar kegiatan semacam ini dapat menjadi jembatan bagi pemuda-pemudi Aceh untuk terus mengasah kemampuan mereka dan mengembangkan potensi dalam bidang bordir serta bidang lainnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat