visitaaponce.com

Gajah Sumatra Mati Diduga Tersetrum Kawat Listrik Tegangan Tinggi

Gajah Sumatra Mati Diduga Tersetrum Kawat Listrik Tegangan Tinggi
Gajah liar di kawasan hutan Aceh Besar berberapa waktu lalu.(MI/Amir MR)

GAJAH sumatra jantan ditemukan mati dalam kebun di Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Kematiannya diduga karena tersengat kawat beraliran listrik bertegangan tinggi yang dipasang warga dalam perkebunan.

Bangkai gajah tersebut ditemukan warga pada Jumat (7/6/2024) dengan kondisi tergeletak. Tempatnya dekat dengan kawat listrik bertegangan tinggi yang dipasang mengelilingi seluruh kebun milik warga.

Kawat listrik pembasmi hama itu dipasang tidak sesuai standar. Kawat listrik bertegangan tinggi dipasang hampir pada semua perkebunan warga setempat.

Tim medis dari BKSDA Aceh telah melakukan nekropsi terhadap gajah mati tersebut untuk mengambil sejumlah organ penting guna proses identifikasi. Ini dilakukan untuk mengetahui pasti penyebab matinya satwa dilindungi tersebut.

Kasus kematian gajah liar di Aceh masih tergolong tinggi. Pada 2024 setidaknya ada lima kasus kematian gajah liar. Rinciannya, 1 mati di Aceh Utara, 1 di Nagan Raya, 1 di Pidie Jaya, dan 2 di Aceh Tengah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat