visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Sabtu 86 di Wilayah Indonesia

Prakiraan Cuaca Sabtu (8/6) di Wilayah Indonesia
Prakiraan cuaca(Dok.BMKG)

BERIKUT prakiraan cuaca kota-kota besar di wilayah Indonesia hari ini, Sabtu (8/6), berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG menyebutkan, saat ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di pesisir utara barat daya Papua dan Samudera Pasifik Utara Papua yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau yang biasa disebut dengan konvergensi. Situasi serupa juga terjadi di wilayah Teluk Cendrawasih dan juga di Samudera Pasifik Utara Papua. 

Selain itu, sirkulasi ini juga membentuk daerah konfluensi atau pertemuan angin di wilayah pesisir utara Papua dan di Samudera Pasifik timur laut Papua. Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Baca juga : Prakiraan Cuaca 28 Mei, Terjadi Konvergensi Panjang di Beberapa Wilayah Indonesia

Selanjutnya, prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia biasanya bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan 10 hingga 40 km/jam. Serta diprakirakan suhu udara berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban berkisar antara 55 hingga 100 persen. 

Perkiraan tinggi gelombang laut di Indonesia diprakirakan berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Namun di Samudera Hindia bagian barat mulai Pulau Nias hingga Lampung, dan di Samudera Hindia bagian selatan mulai dari Jawa hingga Nusa Tenggara Barat perlu diwaspadai potensi gelombang tinggi dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter. 

Selain itu, masyarakat juga harus mewaspadai risiko banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, dan juga di pesisir tenggara Sulawesi.

Baca juga : Berawan hingga Hujan Petir, Ini Prakiraan Cuaca Sabtu (1/6) di Kota Besar Wilayah Indonesia

Prakiraan cuaca di kota-kota besar untuk wilayah Indonesia. 

  • Pulau Sumatera

Untuk kota Banda Aceh dan Padang, cuaca umumnya berawan. Sementara di Pekanbaru dan Tanjung Pinang, terdapat potensi hujan ringan. Selanjutnya, untuk kota Medan, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang. 

Sementara cuaca esok hari untuk kota Jambi dan Bandar Lampung, diprediksi berkabut. Sementara di Bengkulu, Palembang, dan Pangkal Pinang, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. 

  • Pulau Jawa

Secara umum, cuaca di kota Serang, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, cerah berawan hingga berawan. Namun, di kota Bandung dan Semarang, masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. 

Baca juga : Prakiraan Cuaca Esok Hari, Senin (27/5) di Kota Besar Wilayah Indonesia

  • Bali dan Nusa Tenggara

Cuaca di kota Kupang, umumnya berawan, serta terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Denpasar dan Mataram

  • Pulau Kalimantan

Untuk kota Pontianak, cuaca umumnya cerah berawan. Sementara di Palangkaraya dan Samarinda, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan di Tanjung Selor, berpotensi terjadi hujan sedang. Dan juga perlu diwaspadai adanya potensi hujan petir di kota Banjarmasin. 

  • Pulau Sulawesi

Cuaca umumnya berawan diprediksi terjadi di wilayah Mamuju. Sementara secara umum, terdapat potensi hujan ringan di kota Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, dan di kota Makassar. 

  • Wilayah Timur Indonesia

Cuaca secara umum di kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura, berpotensi terjadi hujan ringan dan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang di kota Ambon. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat