visitaaponce.com

Aparatur Sipil Negara Harus Jadi Contoh Tertib Pajak

Aparatur Sipil Negara Harus Jadi Contoh Tertib Pajak
Ilustrasi.(Dok MI)

PAJAK menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Dalam pelaksanaanya harus terus dioptimalkan oleh semua pihak, termasuk keterlibatan para aparatur sipil negara (ASN). Peran pajak juga bisa optimal apabila masyarakat sebagai wajib pajak sadar dengan kewajibannya.

Salah satu sektor pajak daerah yang dapat dioptimalkan pendapatannya yaitu Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). "Saya mengingatkan kepada ASN dan masyarakat yang sudah mendapatkan SPPT 2024 untuk segera membayarkannya sebelum jatuh tempo. ASN diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam tertib pajak," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Aep Surahman yang mewakili Bupati Nina Agustina, Jumat (21/6). 

Aep menambahkan pada Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah pada 2023, Indramayu meraih TP2DD Kabupaten Terbaik III Wilayah Jawa-Bali. "Ini menjadi kebanggaan dan penyemangat kita untuk menjadi yang terbaik dalam percepatan penerapan digitalisasi khususnya dalam penerimaan PAD," katanya.

Baca juga : Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali akan Datang ke KPK

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Indramayu 1 Provinsi Jawa Barat, Andang Surahmin, mengatakan dengan sosialisasi Bulan Sadar Pajak dari 1-30 Juni diharapkan bisa menaikkan pendapatan daerah. "Kami berharap Bulan Sadar Pajak bisa memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk taat pajak di semua bidang sehingga pendapatan daerah akan meningkat dan ini berdampak kepada kelancaran pembangunan yang ada di Indramayu," ungkapnya. 

Menghadapi kemarau, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengintensifkan program pompanisasi dengan menyalurkan 495 pompa air untuk membantu petani menjaga produktivitas sawah. Nina Agustina menjelaskan bantuan tersebut didistribusikan secara khusus bagi kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan agar pengairan lahan sawah berjalan optimal. 

"Dengan pompanisasi, para petani bisa memanfaatkan sumber air permukaan yang tersedia seperti pada aliran sungai maupun embung untuk pengairan lahan sawah," katanya. Saat pengairan dilakukan secara optimal, benih padi yang ditanam pada musim kemarau bisa tumbuh subur dan kualitasnya tetap terjaga.

Pihaknya pun sudah menyerahkan bantuan pada kelompok tani yaitu pompa air sebanyak 33 unit berukuran empat dan enam inci. Tujuannya mempertahankan Kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat