visitaaponce.com

Dinilai Pandai Berinovasi, Kota Cilegon Ditunjuk Jadi Proyek Percontohan Program Makan Siang Gratis

Dinilai Pandai Berinovasi, Kota Cilegon Ditunjuk Jadi Proyek Percontohan Program Makan Siang Gratis
Dinilai Pandai Berinovasi, Kota Cilegon Ditunjuk Jadi Proyek Percontohan Program Makan Siang Gratis(Dok. Istimewa)

DEWAN Ketahanan Nasional (Wantannas) menunjuk Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sebagai pilot project atau proyek percontohan pelaksanaan program makan siang gratis, karena dinilai pandai berinovasi. 

Hal itu terungkap pada acara Pertemuan Dewan Ketahanan Nasional bersama Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, Kamis (4/7).

“Kami butuh mempersiapkan mekanisme (Program makan siang gratis-red), mulai dari menyiapkan makannya, sampai penyerahan dan pendanaannya. Maka, kami bertemu Wali Kota Cilegon (Helldy Agustian-red) yang penuh inovasi. Jadi, kami harap hari ini (Kemarin-red) mendapatkan banyak masukan mengenai ini (Realisasi program makan siang gratis-red),” kata Staf Khusus (Stafsus) Sekretaris Jendral (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional, Taviota Bay sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis (4/7)

Baca juga : Launching Program Satu Pelajar Satu Rekening, Wali Kota Helldy Terus Fokus Benahi Pendidikan Cilegon

Menurut Taviota, pelaksanaan project percontohan program makan siang gratis akan dimulai awal Agustus selama sepekan dan jika pada hari ketiga sudah mampu berjalan dengan baik, maka akan ada dilakukan pemantauan pelaksanaannya langsung oleh tim dari Pusat. 

“Kami sangat menyukai banyak ide dari pak wali ini (Helldy Agustian), lebih mengedepankan kolaborasi, mulai dari catering sampai kantin sekolah dalam melaksanakan makan siang gratis ini, tentunya tetap diawasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam pemenuhan gizinya,” tutur Taviota.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyambut baik kedatangan tim Dewan Ketahanan Nasional bersama Pj Wali Kota Tangerang ke Kota Cilegon. 

Baca juga : Resmikan Sumber Air Bersih ke-9, Helldy Harap Bisa Bantu Masyarakat Gerem 

“Terkait dipilihnya Kota Cilegon sebagai proyek percontohan program makan siang gratis menjadi suatu kehormatan bagi kami. Kami telah memiliki bayangan mekanisme program makan siang gratis ini. Kami akan memulai dari 2 SD (Sekolah Dasar), 2 SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan 2 Madrasah Aliyah (MA) untuk kita buatkan mekanisme, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan,” katanya.

Dalam hal ini, Helldy mengaku, pihaknya akan membuka kolaborasi antara Pemkot Cilegon, Pemkot Tangerang dan Dewan Ketahanan Nasional. “Tentu kami membuka segala bentuk kolaborasi bersama Kota Tangerang dan Dewan Ketahanan Nasional selama itu bermanfaat untuk masyarakat Kota Cilegon,” akunya.

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menjelaskan bahwa pertemuan bersama Dewan Ketahanan Nasional, Pemkot Cilegon dan Pemkot Tangerang itu merupakan langkah untuk membuka ruang diskusi terkait pelaksanaan program makan siang gratis. “Kota Tangerang akan bergerak melibatkan TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Dalam mempersiapkan makan siang gratis ini, Kota Tangerang juga telah menyiapkan Dapur PKK yang dinaungi oleh ibu – ibu PKK,” jelasnya. (Adv/RO/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat