visitaaponce.com

TNI Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pegunungan Meratus

TNI Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pegunungan Meratus
TNI bagikan 200 bibit kopi kepada warga adat suku Dayak Meratus Desa Hinas Kiri, untuk tingkatkan ekonomi masyarakat di pegunungan Meratus,(MI/Denny)

BANYAK cara yang dilakukan TNI untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di kawasan pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan.

Salah satunya pembagian dan penanaman 200 bibit kopi kepada warga adat suku Dayak Meratus Desa Hinas Kiri, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, beberapa waktu lalu. Kegiatan yang dipimpin Dandenhubrem 101 BJM Mayor Cke Angga Nugraha ini, dalam rangka memperingati HUT Kodam VI Mulawarman ke 66 tahun dah wujud implementasi program TNI AD.

Aksi sosial rombongan Dandenhubrem 101 BJM ini bertepatan dengan pelaksanaan aruh adat yang digelar di Balai Adat Kiyu, Desa Hinas Kiri. Aruh sendiri merupakan upacara adat suku Dayak Meratus sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen.

Baca juga : Melihat Keunikan Kopi di Pegunungan Meratus

"Penanaman pohon kopi sebagai salah satu upaya  meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan bumi melalui penghijauan. Kita tahu produk unggulan kopi lokal Kalimantan Selatan ini memiliki nilai ekonomi tinggi sekaligus sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) pada masa yang akan datang," tutur Angga, Selasa (9/7).

Tokoh adat dayak Desa Kiyu, Julak Maribut bersama masyarakat setempat menyambut baik pemberian bantuan bibit kopi sehingga dapat memperluas hamparan kebun kopi yang sudah ada. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada TNI yang memberikan program penghijauan bernilai ekonomi kepada petani Dayak Meratus," ungkap Maribut.

Pegunungan Meratus di Kalsel membentang sepanjang ± 600 km² dari arah barat daya-timur laut dan membelok ke arah utara hingga perbatasan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Titik tertinggi di rangkaian Pegunungan Meratus adalah Gunung Halau-halau yang memiliki ketinggian 1.901 Mdpl.

Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri yang bertempat di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang merupakan gerbang jalur pendakian puncak gunung tertinggi di Kalsel, Puncak Halau-halau. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat