visitaaponce.com

Kalsel Resmikan Kampung Anggrek di Pedalaman Meratus

Kalsel Resmikan Kampung Anggrek di Pedalaman Meratus
Ilustrasi - Kampung Anggrek di Desa Tumingki diharapkan meningkatkan daya tarik pariwisata alam di kawasan Pegunungan Meratus. (MI/Denny)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan meresmikan Kampung Anggrek yang ada di Desa Tumingki, sebuah desa di wilayah Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Keberadaan Kampung Anggrek ini diharapkan akan menambah daya tarik pariwisata alam di pedalaman kawasan Pegunungan Meratus.

"Kampung anggrek ini merupakan taman konservasi yang dapat menjadi daya tarik wisata baru di Hulu Sungai Selatan. Apalagi anggrek punya potensi ekonomi sangat menjanjikan," tutur Raudatul Jannah, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel.

Peresmian itu bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Keanekaragaman Hayati. Desa Tumingki yang menjadi lokasi kampung anggrek berada di tepi Sungai Amandit.

Baca juga : Perburuan Anggrek Alam Ancam Ekosistem Pegunungan Meratus

Kawasan pegunungan Meratus memiliki kekayaaan keanekaragaman hayati, salah satunya aneka jenis anggrek. Namun keberadaan anggrek alam terus terancam akibat maraknya perburuan anggrek maupun ancaman kerusakan lingkungan. 

Data BKSDA Kalsel, ada 252 jenis anggrek alam atau anggrek spesies di hutan Kalsel dan lima jenis diantaranya dilindungi. Seperti anggrek tikus, anggrek bulan, anggrek hitam dan anggrek tanah kuning.

Pada peresmian kampung anggrek Loksado ini, juga diumumkan nama Acil Odah resmi menjadi bagian dari jenis baru anggrek, yakni Anggrek Dendrobium Acil Odah Beauty. Acil Odah adalah populer Raudatul Jannah. Anggrek Dendrobium Acil Odah Beauty adalah jenis anggrek baru, hasil silangan antara dua jenis Anggrek Dendrobium, yakni Dendrobium Discolor dengan Dendrobium Apel Ireng.

Anggrek ini diperoleh melalui kerjasama DPD PAI Kalsel dengan Penyilang Anggrek Nasional, Dedek Setia Santoso dari Malang Jawa Timur.

"Anggrek Dendrobium Acil Odah Beauty telah dipatenkan secara Internasional dan telah didaftarkan pada 7 Juni 2023 di Royal Horticultural Society (RHS) sebagai Lembaga Holtikultura Dunia yang berkedudukan di London Inggris," ujar Dedek di sela-sela acara. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat