visitaaponce.com

Duet Pelari Kenya Sapu Gelar di Maraton Boston

Duet Pelari Kenya Sapu Gelar di Maraton Boston
Pelari Kenya Benson Kipruto usai menjadi juara di Maraton Boston.(AFP/Maddie Meyer/Getty Images)

BENSON Kipruto dan Diana Kipyogei mengantarkan Kenya menyapu gelar putra dan putri di Maraton Boston ke-125, Senin (11/10).

Kipruto memasuki finis dengan catatan waktu 2 jam, 9 menit, dan 51 detik, unggul dari pelari lain sejauh 45 detik.

Pelari Ethiopia Lemi Berhanu menduduki posisi kedua unggul dari rekan senegaranya Jemal Yimer yang menduduki posisi ketiga,

Baca juga: PON XX: Hari Ini Atletik Perebutkan Enam Medali Emas

Ini merupakan gelar maraton ketiga dalam karier Kipruto setelah berhasil menjadi jiuara di Maraton Praha 2021 dan Maraton Toronto 2018.

Sekelompok pelari berada di barisan terdepan saat balapan memasuki kilometer ke-35 namun Kipruto menggunakan ledakan kecepatan untuk menciptakan jarak antara dirinya dan pelari lainnya.

Prestasi terbaik Kipruto sebelumnya di Maraton Boston adalah posisi ke-10 pada 2019.

Di nomor putro, Kipyogei juga tampil dominan dengan menjauh dari rombongan di kilometer ke-29.

Pelari berusia 27 tahun itu tampaknya akan terkejar oleh pelari Ethiopia Netsanet Gudeta, beberapa kilometer menjelang finis, namun sukses mempertahankan keunggulannya.

Juara dunia dua kali dan pemenangan Maraton Boston 2017 Edna Kiplagat finis di posisi kedua disusul Mary Ngugi yang melengkapi keberhasilan Kenya menyapu bersih posisi tiga besar.

Maraton Boston digelar kembali pada tahun ini setelah dibatalkan pada tahun lalu karena pandemi covid-19, lebih lambat enam bulan dari jadwal biasanya pada April. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat