visitaaponce.com

Pembalap dan Logistik Tes Pramusim MotoGP tiba di Bandara Lombok

Pembalap dan Logistik Tes Pramusim MotoGP tiba di Bandara Lombok
(MI/Yusuf R)

SEJUMLAH penerbangan tiba di Bandara Lombok yang mengangkut logistik, pembalap, dan kru balap serta ofisial tim yang akan mengikuti ajang pramusim MotoGP 2022. Pramusim dijadwalkan berlangsung 11 hingga 13 Februari.

Pada Selasa (8/2) siang, pesawat kargo Qatar Airways Boeing 747 Freighter tiba di Lombok pada pukul 12.11 Wita. Pesawat dengan nomor penerbangan QR8394 ini membawa sebanyak 77.993 kilogram logistik pramusim MotoGP.

Sehari sebelumnya, pesawat Malaysia Airlines tiba pukul 15.56 Wita. Berangkat dari Kuala Lumpur, pesawat dengan nomor penerbangan MH8760 tersebut membawa 248 penumpang. Selang dua jam kemudian, pesawat bernomor penerbangan MH8756 yang mengangkut 235 penumpang mendarat pukul 17.57 Wita.

Pada malam hari giliran pesawat pengangkut logistik untuk kegiatan pramusim MotoGP yaitu Qatar Airlines jenis Boeing 777 Freighter dengan nomor penerbangan QR8496 mendarat pukul 21.08 Wita dan mengangkut sebanyak 71.318 kilogram kargo.

General Manager PT. Angkasa Pura 1 Bandara Lombok, Nugroho Jati mengatakan, dalam menangani para pembalap dan tim yang tiba di Bandara Lombok, diterapkan skema travel bubble untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini sebutnya, sejalan dengan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam masa Pandemi Covid-19 yang terbit pada 3 Februari 2022.

''Sistem bubble ini bertujuan untuk membagi orang-orang yang terlibat ke dalam kelompok (bubble) yang berbeda dengan memisahkan orang-orang berisiko terpapar Covid-19 dengan masyarakat umum,'' katanya.

Sistem ini akan disertai dengan pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu bubble yang sama dan penerapan prinsip karantina untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19. Seluruh orang yang termasuk dalam sistem bubble ini wajib mengikuti protokol yang tertuang dalam SE Nomor 5 Tahun 2022 tesebut.

Di Bandara Lombok, sistem ini diimplementasikan dengan melakukan pemeriksaan ketat yang melibatkan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, dan Imigrasi. Disiapkan fasilitas berupa 12 jalur pemeriksaan dokumen kesehatan, 6 jalur pemeriksaan paspor, 2 conveyor belt bagasi, 4 jalur pemeriksaan bea cukai, serta moda transportasi khusus bagi para pembalap, kru, dan ofisial tim yang akan membawa mereka dari bandara menuju kawasan Sirkuit  Mandalika. (YR/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat