visitaaponce.com

Aleix Espargaro akan Jadi Pembalap Penguji Honda di MotoGP 2025

Aleix Espargaro akan Jadi Pembalap Penguji Honda di MotoGP 2025
Pembalap Aprilia Spanyol Aleix Espargaro berbicara dengan seorang mekanik selama sesi latihan Grand Prix Spanyol MotoGP di arena pacuan kuda(JAVIER SORIANO / AFP)

HONDA mengontrak Aleix Espargaro sebagai pebalap penguji untuk MotoGP musim 2025 untuk membantu mengembangkan RC213V.

Espargaro akan beralih ke pabrikan Jepang dalam peran uji coba di akhir karir balapnya yang telah membuatnya mencetak tiga kemenangan dan 11 podium di kelas utama sejauh ini.

"Honda Racing Corporation akan memperkuat program pengujian mereka dengan bergabungnya Aleix Espargaro sebagai Test Rider di tahun 2025," tulis HRC dalam sebuah pernyataan singkat mengutip Motorsport, (2/7).

Baca juga : Aleix Espargaro Juarai Sprint Race GP Catalunya

"Dengan hampir 250 balapan di kelas utama, pembalap berusia 34 tahun ini memiliki banyak pengalaman di atas motor Grand Prix dan juga memiliki tiga kemenangan dan lebih dari 1.300 poin MotoGP. Ia akan bergabung dengan pembalap andalan HRC, Stefan Bradl, untuk melanjutkan pengembangan Honda RC213V."

Kedatangan Espargaro dipandang sebagai dorongan besar bagi Honda, yang sedang mengalami penurunan yang berkepanjangan dan berjuang untuk pulih dari fase terburuknya di dunia balap motor.

Tim yang berbasis di Tokyo ini, setelah kehilangan juara dunia delapan kali Marc Marquez pada musim gugur lalu, diharapkan dapat bangkit kembali di MotoGP tahun ini berkat pengenalan sistem konsesi baru dan perubahan filosofi di dalam merek.

Baca juga : MotoGP Catalunya 2024 : Martin dan Aleix Espargaro Bergantian Pimpin Latiha Hari Pertama

Namun, meski telah melakukan upaya serius dalam merombak RC213V, tim ini belum pernah meraih satu pun posisi 10 besar di grand prix musim ini dan berada di posisi terbawah klasemen pabrikan.

Honda akan berharap dapat memanfaatkan pengalaman Espargaro, yang secara luas dipuji karena telah mengubah Aprilia dari tim yang selalu berada di belakang menjadi pemenang balapan.

Wawasan dan pengetahuan pembalap Spanyol ini memainkan peran penting dalam pendakian Aprilia ke posisi terdepan, ketika merek yang berbasis di Noale ini perlahan-lahan bekerja untuk mengatasi kelemahan RS-GP.

Ia mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Aprilia dan pensiun dari MotoGP pada Grand Prix Spanyol awal tahun ini, sembari membiarkan pintu terbuka untuk mengambil peran yang berbeda dengan pabrikan.

Masih belum jelas apakah pembalap berusia 34 tahun itu akan tampil sebagai pembalap wildcard pada tahun 2025 sebagai bagian dari tugas pengujiannya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat