visitaaponce.com

Demi Persiapan SEA Games, Indonesia Patriots Tambah Tiga Pemain Baru

Demi Persiapan SEA Games, Indonesia Patriots Tambah Tiga Pemain Baru
Pebasket Indonesia Patriots Dame Diagne berusaha melewati pemain lawan di laga IBL.(ANTARA/Dhemas Reviyanto)

TIM elite muda Indonesia Patriots mengajukan tambahan pemain untuk memperkuat roster mereka pada lanjutan Kompetisi IBL 2022, 3-31 Maret. Permohonan dilakukan lewat surat PP Perbasi nomor 30/PP/DN/II/2022 kepada Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL) per 23 Februari 2022.

PP Perbasi menyatakan, alasan pihaknya pengajuan tambahan pemain sebagai persian Indonesia Patriots menuju SEA Games 2022 Vietnam yang akan bergulir pada 13-23 Mei menadatang dan Kejuaraan Asia FIBA 2022 di Jakarta pada Juli.

"Hal tersebut PP Perbasi lakukan sebagai salah satu bentuk persiapan Timnas bola basket elite dalam rangka mempersiapkan rangkaian kegiatan mendatang, dimana diperlukan persiapan dan kesiapan yang matang," demikian isi surat PP Perbasi yang ditandatangani Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Baca juga: Lanjutan IBL 2022 Digelar tanpa Penonton

Tiga nama yang ditambahkan dalam roster Indonesia Patriots yakni, Hendrick Xavi Yonga dan Yesaya Alesandro Saudale dari Pelita Jaya Bakrie serta Kelvin Sanjaya dari Satria Muda Pertamina.

Menanggapi permintaan PP Perbasi, Direktur Utama IBL Junas Miradiasjah menyambut baik permintaan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap timnas Indonesia.

"Kami merespon permintaan PP Perbasi dengan positif sebagai dukungan kepada timnas Indonesia. IBL memang memiliki peraturan tidak boleh ada penambahan roster, namun ada pengecualian bagi Indonesia Patriots karena keikutsertaan mereka adalah bagian dari pembentukan timnas dan Patriots tidak akan melanjutkan kompetisi ke babak play off," jelas Junas.

"PP Perbasi dan timnas juga sudah melakukan koordinasi dengan klub asal pemain masing-masing. Jika tim asal mereka masuk ke babak play off, pemain-pemain tersebut dapat kembali memperkuat tim asal mereka," tambah Junas.

Dengan masuknya tiga pemain baru di Indonesia Patriots, Manajer tim Indonesia Patriots Jamin Mattotoran memiliki keyakinan timnas Indonesia akan semakin kuat dan yakin dapat tampil lebih maksimal diturnamen Internasional yang akan mereka ikuti.

"Mereka ini pemain pengalaman tentu akan semakin memperkuat kerangka timnas untuk masa depan basket Indonesia," sebut Jamin.

Sayangnya, dengan masuknya tiga pemain baru, Indonesia Patriots juga harus mengeluarkan tiga pemain lamanya,  yakni M Nabizar, Esha Ezra Lapia, dan A.A Bagus.

"Di saat yang sama, Indonesia Patriots harus memulangkan 3 pemain juga. Namun harapan kami tim ini terus bertumbuh siapapun yang masuk dan keluar," Tutur Jammin.

Indonesia Patriots merupakan tim tamu dalam gelaran IBL 2022. Hal itu dilakukan PP Perbasi sebagai persiapan mereka menuju ajang-ajang internasional. 

Dalam gelaran IBL Indonesia Patriots juga hanya akan bertanding selama musim reguler dan tidak bisa melaju ke babak play-off. (IBL/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat