visitaaponce.com

Piala Asia FIBA 2022 Indonesia Dijegal Tiongkok

Piala Asia FIBA 2022: Indonesia Dijegal Tiongkok
Pebasket Indonesia Marques Terrel Bolden (kiri) mencoba menghalangi pebasket Tiongkok Sun Minghui (kanan)(AFP/Adek Berry)

LANGKAH timnas basket Indonesia di Piala Asia FIBA 2022 terhenti. Indonesia dijegal Tiongkok pada laga playoff perebutan tiket perempat final di Istora GBK, Jakarta, Senin (18/7), dengan kekalahan 58-108.

Asa untuk bisa tampil di Piala Dunia FIBA 2023 pun sirna. Meski begitu, pelatih Milos Pejic melihat timnas sudah menunjukkan peningkatan dan memberikan perjuangan keras di sepanjang turnamen.

Pejic menilai Piala Asia ini menguji dan mengukur Indonesia di level regional demi terus mengembangkan kualitas.

"Basket Indonesia baru di awal untuk mencapai apa yang kita inginkan. Kita baru di langkah awal. Kita ingin lebih tinggi lagi dan langkah awal ini tidak buruk. Kita tidak boleh berhenti di sini karena setiap target besar dimulai dengan langkah kecil," kata Pejic seusai laga.

"Kami tidak ingin sedih dan kecewa sekarang karena masih banyak yang perlu dilakukan," imbuh pelatih asal Serbia itu.

Timnas kesulitan menemukan ritme di paruh pertama sehingga tertinggal jauh 21-59. Dua center tinggi menjulang dari Tiongkok, Wang Zhelin dan Zhou Qi, yang bergantian tampil sepanjang laga menjadi tembok bagi Andakara Prastawa dan kawan-kawan.

Baca juga: Indonesia Bertemu Tiongkok di Playoff Piala Asia FIBA

Tercatat hanya Marques Bolden (21 poin) dan Brandon Jawato (10 poin) yang mencetak skor dua digit. Derrick Michael Xzavierro yang tampil selama 20 menit hanya menceploskan satu poin.

Indonesia mulai bisa keluar dari tekanan di pada kuarter ketiga namun selisih poin yang tajam sulit dikejar. Seusai laga, Abraham Damar Grahita yang menyelesaikan laga dengan enam poin menilai Tiongkok lebih kuat dari sisi fisik.

Bolden juga mengatakan Tiongkok secara permainan lebih disiplin sehingga menyulitkan. Meski begitu, ia menilai masa depan timnas untuk bisa lebih baik terbuka berkaca dari perkembangan selama turnamen.

Di kubu Tiongkok, lima pemain mencetak angka dua digit. Quan Gu memimpin dengan 23 poin, Hu Mingxuan 14 poin, Zhao Rui dan Zhou Qi masing-masing 13 poin serta Jie Xu 11 poin.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat