visitaaponce.com

Resmi Dibuka, APG 2022 Suarakan Striving for Equality

Resmi Dibuka, APG 2022 Suarakan Striving for Equality
Acara pembukaan ASEAN ParaGems 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7).(ANTARA/Maulana Surya)

GELARAN ASEAN Para Games (APG) 2022 Surakarta resmi dibuka, dalam upacara pembukaan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/7) malam. Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin membuka secara langsung pesta olahraga khusus atlet disabilitas itu.

Gelaran APG 2022 di Surakarta menjadi yang pertama sejak Kuala Lumpur menjadi tuan rumah pada 2017 lalu, pada tahun ini APG mengangkat tema Striving for Equality atau memperjuangkan kesetaraan.

"Para games adalah ajang yang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan, Para games merupakan ajang yang istimewa karena atlet-atlet Para Games adalah atlet -atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya," tutur Ma'ruf Amin dalam pidatonya.

"Para games juga istimewa karen atlet-atlet Para Games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat dari hambatan yang dihadapi," imbuhnya.

Disaksikan langsung ribuan masyarakat Surakarta serta ratusan atlet yang hadir langsung di Stadion Manahan Solo, Ma'ruf Amin berharap gelaran APG 2022 tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan para atlet disabilitas, dia berharap APG 2022 juga dapat menjadi tempat untuk mempererat hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.

"Kepada seluruh atlet selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif. Saya berharap perhelatan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN," tuturnya.

Di sisi lain Wali Kota Solo yang juga merupakan Ketua Pelaksana APG 2022, Gibran Rakabuming Raka menyatakan, Solo siap kembali menjadi saksi lahirnya talenta-talenta olahraga baru, serta lahirnya juara-juara dari penyelenggaraan acara ini.

"Kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kami kepada 11 negara peserta yang telah mensupport para atlet untuk ikut berkompetisi di sini. Kami siap mejadi saksi untuk kedua kalinya lahirnya talenta-talenta baru, lahirnya juara-juara dari penyelenggaraan ini," ucap Gibran.

"Semoga anda (atlet) mendapatkan yang terbaik di pertandingan-pertandingan yang akan anda ikuti dan semoga persahabatan kita semakin kokoh kedepannya," jelasnya.

Upacara pembukaan APG 2022 berlangsung dengan sangat meriah, aksi mengejutkan diperlihatkan Gibran yang memasuki lapangan Stadion Manahan Solo dengan menaiki kuda. Atlet para games Indonesia juga tampil luar biasa dalam defile, mereka memasuki lapangan dengan busana berwarna merah dipadu dengan motif batik yang dipersiapkan khusus untuk acara ini, di bagian kepala para atlet laki-laki menggunakan blangkon.

Atlet para menembak Indonesia Hanik Puji Astuti menjadi atlet yang dipercaya untuk menyalakan api kaldron pada upacara pembukaan, menandai resmi dimulainya pesta olahrag multicabang bagi atlet disabilitas se-Asia Tenggara itu. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat