visitaaponce.com

Panjat Tebing RI Incar Kuota Maksimal Nomor Speed di Olimpiade Paris

Panjat Tebing RI Incar Kuota Maksimal Nomor Speed di Olimpiade Paris
Atlet panjat tebing Indonesia Raviandi Ramadhan saat berlaga.(Antara)

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI) mendorong agar cabang olahraga panjat tebing bisa mendapat kuota maksimal untuk nomor speed dalam Olimpiade Paris 2024. 

Pasalnya, nomor speed panjat tebing di Paris akan dipertandingkan sebagai nomor terpisah. Total kuota atlet untuk nomor speed tercatat hanya 28 dan dipotong jatah tuan rumah Prancis. 

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari optimistis Indonesia bisa lolos dan berpeluang meraih capaian terbaik di Paris. Hal itu berkaca dari kesuksesan Kejuaraan Dunia IFSC 2022 di Jakarta beberapa hari lalu.

Baca juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Raviandi Ramadhan Masuk Final

"Disiplin speed untuk Olimpiade Paris hanya 28 atlet putra dan putri, termasuk dua kuota untuk rumah. Jadi setiap NOC maksimal mengirim perwakilan dua putra dan dua putri. Saya harap Indonesia meraih kuota maksimal," ujar Okto, Selasa (27/9).

Okto pun bertemu dengan Presiden IFSC Marco Maria Scolaris untuk membahas kualifikasi Olimpiade Paris. Pihaknya menilai nomor speed panjat tebing akan menjadi salah satu tumpuan Indonesia, jika nantinya sukses tembus ke Paris 2024.

Baca juga: IFSC Jamin Indonesia Jadi Tuan Rumah Lagi 2023

Diketaui, potensi Indonesia dengan memiliki juara dunia Veddriq Leonardo, serta Kiromal Katibin di nomor tersebut, merupakan tanda positif. Okto juga berharap Indonesia tidak sekadar lolos kualifikasi.

Pada Olimpiade Tokyo, panjat tebing hanya mempertandingkan nomor kombinasi bouldering, lead, sekaligus speed, dengan dua medali emas untuk putra dan putri. 

Namun di Olimpiade Paris, nomor speed akan dipertandingkan tersendiri. Kualifikasi menuju Paris untuk cabor panjat tebing baru akan dimulai pada 2023.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat