visitaaponce.com

Indonesia Cup 2022 Ajang Unjuk Gigi Pebasket Lokal

Indonesia Cup 2022 Ajang Unjuk Gigi Pebasket Lokal
Ilustrasi: Pebasket SM Pertamina Arki Dikania Wisnu (tengah) berusaha melewati hadangan 2 pebasket Prawira Bandung, Danny Ray (kiri) & Pandu(ANTARA FOTO/Mohammad Ayodha)

INDONESIA Basketball League (IBL) bakal menggelar kompetisi bola basket nasional bertajuk Indonesia Cup 2022. Kompetisi yang bakal bergulir pada 4-13 November 2022 ini dirancang khusus sebagai ajang unjuk gigi para pebasket berkewarganegaraan Indonesia.

Sebanyak 15 tim klub IBL akan bertanding pada kejuaraan yang berlangsung di Sritex Arena, Solo. Kelima belas tim peserta nantinya hanya boleh menurunkan pemain lokal dan pemain naturalisasi.

"Ini ajang pembuktian pemain lokal. Jadi secara pertandingan akan lebih menarik nggak kalah dari main season IBL yang ada pemain luar negeri. Kompetisi ini tentu diharapkan dapat meningkatkan perkembangan bola basket Indonesia," ucap Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalan konferensi pers Indonesia Cup, Rabu (26/10).

Selain menjadi ajang unjuk gigi para pemain lokal, Junas menyebut kompetisi ini juga bisa menjadi ajang pemanasan bagi klub-klub IBL untuk mengarungi kompetisi IBL musim depan.

"Indonesia Cup juga bisa dibilang sebuah turnamen pemanasan atau preseason menuju IBL musim depan. Kami ingin ketika off-season dapat tetap aktif. Harapannya, kompetisi ini dapat berjalan lancar dan klub bakal lebih siap untuk musim depan," terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Nirmala Dewi menyebut gelaran Indonesia Cup 2022 selaras dengan program program PP Perbasi untuk memasyarakatkan olahraga bola basket.

Baca juga:  Juara Indonesia Cup Tasters Championship 2022 Siap Berkompetisi di Milan

Dengan adanya kompetisi ini, Nirmala berharap basket dapat lebih diminati dan dikenal masyarakat Indonesia. Sehingga ekosistem bola basket Tanah Air dapat terus berkembang.

"Penting sekali menggelar banyak kompetisi basket nasional, selain juga untuk meningkatkan prestasi bola basket Tanah Air, hal ini juga penting untuk membesarkan ekosistem bola basket itu sendiri," tutur Nirmala.

"Mudah-mudahan dari kompetisi ini bisa menghasilkan pebasket berkualitas yang memang bisa naik terus," ucapnya.

Selain menggelar kompetisi bola basket, dalam gelaran Indonesia Cup 2022 juga menyiapkan sederet kompetisi pendamping. Mulai dari lomba dance, lomba cheerleaders, hingga lomba skill untuk anak sekolah.

Adapun 15 tim yang akan turun bertanding di turnamen Indonesia Cup 2022. Seluruhnya dibagi ke dalam empat grup. Dua klub terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak selanjutnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat