visitaaponce.com

Perbakin Bidik Dulang Medali di Piala Dunia ISSF

Perbakin Bidik Dulang Medali di Piala Dunia ISSF
Ilustrasi(Antara)

INDONESIA menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia Menembak 2023 bertajuk ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023 yang akan mulai bergulir 28 Januari hingga 8 Februari di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

PB Perbakin menargetkan sukses dari sisi penyelenggaraan dan mengincar ajang tersebut sebagai arena menguji kualitas atlet-atlet Tanah Air. Meski tnpa target spesifik, Perbakin membidik medali semaksimal mungkin.

"Yang pertama kita mesti sukses dalam penyelenggaran dan kedua kita juga sukses atletnya mendapat medali," Ketua Umum Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto di Lapangan Tembak Senayan, Rabu (25/1).

"Targetnya sebanyak mungkin kita dapat medali dan karena ini juga untuk persiapan Asian Games dan perebutan kuota Olimpiade 2024," imbuhnya.

Lantaran menembak tak dipertandingkan pada SEA Games Kamboja Mei nanti, Perbakin fokus pada Piala Dunia ISSF demi menghadapi Asian Games di Guangzhou, Tiongkok, dan beberapa kejuaraan perebutan tiket Olimpiade Paris.

Indonesia bakal menurunkan 32 atlet di Piala Dunia ISSF. Sesuai aturan, tiap negara pada masing-masing 20 nomor yang dipertandingkan hanya diberi kuota lima atlet yang tiga di antaranya untuk perebutn medali sedangkan dua lainnya hanya memperebutkan poin.

"Keikutsertaan dibatasi oleh ISSF hanya boleh kirimkan satu tim yang tiga untuk (perebutan) medali kemudian dua atlet RPO atau ranking point only," imbuh Joni.

Total ada 33 negara yang akan berpartisipasi dengan total 208 atlet. Ini untuk pertama kalinya Indonesia bisa dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia oleh ISSF setelah sukses menggelar ISSF Grand Prix Rifle/Pistol 2022 lalu di tempat yang sama.

"Tahun ini Piala Dunia digelar empat kali, pertama di Jakarta lalu Kairo (Mesir), kemudian India, setelah itu di Brasil. Kepercayaan ini tentunya karena ISSF melihat kesungguhan Perbakin memajukan olahraga menembak di Indonesia tahun lalu kita dipercaya tuan rumah Grand Prix," pungkasnya. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat