visitaaponce.com

Coba Yuk Gerakan Pilates Ini Bisa Bikin Perut Rata

Coba Yuk! Gerakan Pilates Ini Bisa Bikin Perut Rata
Ilustrasi pilates(123RF)

PILATES merupakan olahraga yang dapat dikategorikan dalam bentuk senam. Pilates memiliki gerakan yang lambat, metodis, membutuhkan banyak fokus dan akurasi dengan pernapasan yang terkontrol.

Pada sekitar abad 20-an, pilates mulai dikembangkan oleh seorang atlet veteran dari Jerman yang bernama Joseph Pilates. Ia memfokuskan pilates pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Pilates mempunyai prinsip yang menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga agar keduanya bisa saling bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap gerakan pilates dirancang mengalir dan fokus pada penggunaan otot yang baik serta akurat. Hal itu untuk memastikan tubuh Anda terus bergerak guna meningkatkan koordinasi gerakan, pola pernapasan, dan kesadaran tubuh.

Gerakan Senam Pilates

1. Gerakan ‘The 100’

Berbaring terlentang dengan mengangkat kedua kaki agar miring ke atas. Angkat tubuh sedikit ke atas, lalu pompa kedua lengan ke atas dan ke bawah. Sekali pompa, sekali napas. Fokuskan ke pernapasan dan otot perut.

2. Leg Circle

Berbaringlah terlentang dengan telapak tangan berada di samping menghadap ke bawah. Naikkan kaki kanan ke arah langit-langit, jari-jari lurus ke atas dan kencangkan perut. Putar kaki kanan dan buatlah lingkaran kecil di udara, lalu putar ke arah berlawanan. Ulangi dengan kaki yang lain.

3. Kombinasi Gerakan Kaki dan Tangan, Criss Cross

Berbaring dengan punggung menempel di lantai. Angkat kepala sembari menarik lutut mendekati dada, sedang kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Tarik nafas dan putar tubuh perlahan ke kiri dan ke kanan mengikuti gerakan lutut.

4. Single Leg Kick

Tengkuraplah, tahan tubuh dengan kedua siku tangan. Posisi kaki lurus dan tegakkan tubuh bagian atas. Mulailah menarik kaki ke arah bokong dengan dua kali hitungan cepat satu persatu secara bergantian.

5. Slow Motion Mountain

Tahan tubuh dengan posisi plank. Arahkan lutut ke depan lalu kembali ke belakang secara bergantian. Lakukan dengan pelan sambil tetap bernapas.

6. Hip Dip

Posisi menghadap ke samping dengan siku tangan menopang tubuh, telapak kaki lurus ke depan. Naikkan tubuh ke atas lalu pompa ke bawah perlahan sambil tetap mempertahankan posisi lengan dan telapak kaki.

7. Roll Up

Berbaringlah di lantai dengan telapak tangan dan kaki lurus. Perlahan angkat tubuh bagian atas, pastikan lengan tetap lurus hingga di depan dada. Kuatkan tulang punggung hingga kamu bisa duduk dengan mantap. Berbaringlah kembali dan ulangi gerakan beberapa kali.

Manfaat Senam Pilates

1. Meningkatkan kepadatan tulang
2. Membakar kalori
3. Meredakan sakit punggung
4. Memperkuat inti tubuh
5. Membantu mencegah cedera
6. Meningkatkan postur
7. Membangun daya tahan kardiovaskular
8. Mengurangi stres
9. Meningkatkan kualitas tidur
(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat