visitaaponce.com

Bernard Gagal Raih Poin Olimpiade 2024

Bernard Gagal Raih Poin Olimpiade 2024
Pembalap sepeda Indonesia saat tampil di kejuaraan UCI Track Nation Cup 2023.(ANTARA/Aditya Pradana Putra)

PEMBALAP sepeda andalan Indonesia, Bernard van Aert belum berhasil mendulang poin untuk Olimpiade 2024 pada kejuaraan UCI Track Nation Cup 2023. Hal itu dikarenakan Bernard gagal lolos ke babak utama nomor andalannya yakni omnium putra.

Dalam ajang yang berlangsung di Jakarta International Velodrome, Sabtu (25/2), pembalap sepeda peringkat 8 dunia itu tampil underperform di babak kualifikasi. Bernard terlihat kesulitan sepanjang balapan yang membuatnya finis di peringkat ke-16 dengan 0 poin.

Ditemui usai perlombaan, Pelatih Kepala Timnas Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo menyatakan kegagalan Bernard pada pertandingan ini dikarenakan adanya kesalahan pada strategi.

"Saya sampaikan bahwa Bernard tidak bisa maju ke babak final. Saya akui bahwa ada perubahan setingan (pada sepedanya), yang awalnya settingan itu kami gunakan sebetulnya untuk point risk tapi malah kami gunakan di babak kualifikasi. Jadi settingan gear yang digunakan itu cukup sangat rendah," ucap Dadang.

Ia menerangkan, pemilihan strategi ini diputuskan langsung oleh Bernard di menit-menit akhir jelang lomba. Dijelaskan, Bernard memiliki feeling lain yang menurutnya baik untuk performanya dan membuatnya mengambil keputusan tersebut.

"Kalau melihat dari data yang kami miliki, average cadence Bernard itu cukup tinggi. Itu yang mengakibatkan dia tidak bisa berbuat apa-apa hari ini," imbunya.

Meski Bernard belum berhasil merebut poin Olimpiade pada nomor omnium, namun pebalap sepeda berusia 25 tahun itu masih memiliki peluang untuk mendulang poin pada nomor madison putra bersama Terry Yudha Kusuma.

Danang mengatakan pihaknya belajar banyak dari kegagalan hari ini. Dia pun akan memikirkan segala keputusan lebih tepat lagi untuk pertandingan besok.

"Jadi ini pengalaman juga untuk kami, terus terang dengan full peserta seperti ini dan baru pertama kali memainkan pertandingan kualifikasi sehingga ini jadi pengalaman pertama. Besok masih ada satu nomor lagi yang harus diupayakan, Bernard dan Terry," ujarnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat