visitaaponce.com

Indonesia Kirim 599 Atlet ke SEA Games Kamboja, Targetkan 60 Emas

Indonesia Kirim 599 Atlet ke SEA Games Kamboja, Targetkan 60 Emas
Menpora Dito Ariotedjo (tengah) menitipkan pesan kepada kontingen Golf Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2023 Kamboja.(Kemenpora)

SEBANYAK 599 atlet akan memperkuat kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Dengan jumlah kontingen yang naik dari edisi Vietnam lalu, target minimal 60 medali emas dipatok.

Jumlah atlet yang akan diberangkatkan ke Kamboja resmi diumumkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Senin (17/4), di kantor Kemenpora seusai rapat finalisasi kontingen. Sebanyak 379 atlet putra dan 270 atlet putri bakal bertarung memperebutkan medali dalam 31 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Ini adalah keputusan bersama dengan jalan yang panjang dan insyallah jadi yang terbaik untuk Indonesia. Di SEA Games Kamboja Indonesia mengikuti 31 cabor yang atletnya sebanyak 599 atlet," ujar Dito. "Target 60 medali, mudah-mudahan meleset tapi ke atas," imbuhnya lagi.

Baca juga : PB PGI Siapkan Tujuh Pegolf untuk SEA Games 2023

Jumlah atlet yang dikirim ke Kamboja nanti lebih banyak dibandingkan edisi Vietnam. Kenaikannya sebanyak 100 atlet karena di Vietnam lalu Indonesia memboyong 499 atlet.

Meski naik, jumlah itu masih lebih sedikit dibandingkan pada SEA Games di Filipina atau sebelum era DBON yang mengirimkan 841 atlet. Dito menjelaskan kenaikan tersebut lantaran di Kamboja lebih banyak mempertandingkan nomor tim.

"Ada kenaikan 100 atlet dibandingkan SEA Games Hanoi karena di SEA Games Kamboja ini berbeda. Sebelumnya lebih banyak di (nomor) individu dan sekarang tidak dipertandingkan lagi," ucap Dito.

Baca juga : Valentine Lonteng Janji Buat Kejutan di SEA Games 2023

"Di Hanoi (Vietnam) cabornya lebih banyak individu dan cabor yang banyak mendapat emas di Hanoi, tidak dipertandingkan dan diganti dengan cabor dan nomor tim," imbuhnya.

Di Kamboja nanti, Indonesia menargetkan paling tidak bisa tetap finis tiga besar seperti edisi Vietnam. Saat itu kontingen Merah Putih mendulang 69 emas, 92 perak, serta 81 perunggu dan finis di peringkat ketiga atau lebih baik satu posisi ketimbang edisi Filipina yang hanya di tempat keempat.

"Saya optimistis dan yakin sudah duduk dengan Presiden NOC Indonesia dan KONI,  (target) peringkat kita minimal insyaallah tetal bertahan," ucap Dito.

Dari 599 atlet yang akan diberangkatkan, cabor Esport dan hoki paling banyak masing-masing 38 atlet. Cabor traditional boat race dan kriket masing-masing 30 atlet, basket (5x5 dan 3x3) 28 atlet, atletik 27 atlet, dan polo air 26 atlet.

Bola voli indoor juga mengirimkan 26 atlet, renang 24 atlet, sepak bola 20 atlet, dan bulu tangkis 20 atlet.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim, mengatakan kepastian jumlah atlet yang akhirnya sudah diputuskan menjadi angin segar lantaran perhelatan kurang dari dua pekan lagi mengingat sejumlah cabor akan tampil lebih dulu sebelum pembukaan. CdM menjamin pelayanan terbaik untuk skuad Merah-Putih selama bertanding di Kamboja.

"Tugas kami di tim CdM membantu dan melayani sebaik mungkin para atlet sehingga mereka bisa nyaman saat bertanding untuk bisa mendapatkan hasil terbaik," ujarnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat