visitaaponce.com

Kerja sama Tim yang Apik Antarkan Jasper Philipsen ke Podium Utama Etape Tiga Tour de France 2023

Kerja sama Tim yang Apik Antarkan Jasper Philipsen ke Podium Utama Etape Tiga Tour de France 2023
Pembalap Alpecin-Deceuninck Jasper Philipsen merayakan kemenangan di etape tiga Tour de France 2023(AFP/Thomas Samson)

PEMBALAP Belgia, Jasper Philipsen menjadi yang tercepat di Etape 3 Tour de France, Senin (3/7). Pembalap tim Alpecin Deceuninck itu terdepan dalam adu sprint grup pembalap besar jelang finis balapan rute datar sejauh 193,5 km yang melintasi negara dari Amorebieta-Etxano di Spanyol hingga Bayonne di Prancis.

Kemenangan di Bayonne menjadi kemenangan etape yang ketiga bagi Philipsen di ajang Tour de France. Rekan satu timnya Mathieu Van Der Poel memegang peranan kunci dalam kemenangan itu  karena berhasil memandu Philipsen hingga bisa menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 jam 43 menit 53 detik.

Philipsen juga kembali memberikan kekecewaan bagi pembalap Jumbo-Visma Wout Van Aert yang kali ini kembali gagal memenangkan etape di Tour de France 2023. Van Aert yang juga pembalap asal Belgia, menjadi yang pertama melakukan sprint dan masih bersama Philipsen pada 50 meter jelang finis.

Baca juga : Victor Lafay Buat Kejutan dan Puaskan Dahaga Gelar Cofidis di Putaran 2 Tour de France 2023

Namun, Philipsen yang mengamankan jalur balap (racing line)-nya sukses membuat Van Aert gagal mendahuluinya. Insiden itu sempat diprotes Jumbo-Visma dan juri sempat menunda pengumuman pemenang, hingga akhirnya memutuskan Philipsen resmi meraih podium utama etape 3 Tour de France 2023.

Sementara Van Aert harus puas tercatat sebagai pembalap yang finis kelima dibawah Philipsen, Phil Bauhaus (Bahrain Victorious), Caleb Ewan (Lotto–Dstny), dan Fabio Jakobsen (Soudal-Quick Step).

Baca juga : Adam Yates Kalahkan Saudara Kembarnya Untuk Rebut Kaus Kuning di Putaran Perdana Tour de France 2023

“Saya senang dengan penampilan tim kami hari ini, mereka memberikan saya kesempatan memimpin. Saya mencoba mencari jalan tersingkat menuju finis dan untungnya bisa menjadi yang pertama sampai disana,” kata Philipsen.

Di sisi lain, pembalap UAE Team Emirates, Adam Yates masih mempertahankan kaus kuning (maillot jaune) yang dikenakannya sejak etape kedua. Ia masih memimpin klasemen umum, disusul rekan satu timnya Tadej Pogacar.

Para pembalap akan kembali disuguhi rute datar pada etape 4 Tour de France 2023, Selasa (4/7) yang menempuh jarak 182 km dari Dax menuju Nogaro. (cyclingnews/the guardian/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat