visitaaponce.com

Victor Lafay Buat Kejutan dan Puaskan Dahaga Gelar Cofidis di Putaran 2 Tour de France 2023

Victor Lafay Buat Kejutan dan Puaskan Dahaga Gelar Cofidis di Putaran 2 Tour de France 2023
Victor Lafay (Cofidis) merayakan kemenangannya saat menyentuk garis finis etape 2 Tour de France(AFP/Anne-Christine Poujulat)

PEMBALAP Prancis Victor Lafay membuat kejuatan di putaran (etape) 2 Tour de France 2023 dengan menjadi yang tercepat diantara kompetitor juara pada balapan sepanjang 209 km dari Vitoria-Gasteiz ke San Sebastien.

Kemenangan Lafay juga menuntaskan dahaga gelar tim Cofidis yang terakhir meraih podium utama putaran Tour de France pada 2008. Di balapan kali ini, Lafay menyentuh garis finis dengan catatan waktu 4 jam 46 menit 39 detik.

Ia menang adu sprint dengan pembalap Jumbo-Visma, Wout Van Aert dan favorit juara Tadej Pogacar dari UAE Team Emirates yang finis di urutan ketiga. Sementara pemegang kaus kuning (malliot jaune) Adam Yates sukses mempertahankannya karena finis di peloton terdepan.

Baca juga : Adam Yates Kalahkan Saudara Kembarnya Untuk Rebut Kaus Kuning di Putaran Perdana Tour de France 2023

Putaran kedua yang masih menyajikan rute perbukitan, membuat pembalap harus menghadapi sejumlah tanjakan berat, salah satunya di Jaizkibel yang merupakan tanjakan terakhir menjelang finis.

Namun, strategi bertahan dan saling dukung antar rekan tim, membuat 25 pembalap masih berada dalam peloton besar menjelang finis. Wout Van Aert yang merupakan favorit pada putaran ini melakukan serangan lebih dulu untuk merebut podium utama. Usahanya pun disusul Lafay dan Pogacar. 

Baca juga : Carapaz Tersisih di Tour de France

Pada akhirnya Lafay berhasil mendahului Van Aert dan unggul tipis menjelang finis. Kekecewaan terlihat di raut muka Van Aert yang juga melampiaskannya dengan memukul stang (handlebar) sepedanya.

Meski Lafay mengklaim podium utama, Pogacar yang kali ini finis ketiga, membuat gebrakan penting untuk memimpin klasemen umum Tour de France. Juara Tour de France 2020-2021 itu kini naik ke peringkat kedua klasemen dengan selisih hanya 6 detik dari rekan setimnya, Adam Yates.

Pogacar sukses meraih bonus 12 detik waktu tambahan saat sukses menjadi yang tercepat di tanjakan Jaizkibel, mengungguli juara bertahan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) yang kali ini tertahan di peringkat 6 klasemen dengan selisih 17 detik dari Adam Yates.

Putaran ketiga Tour de France 2023, Senin (3/7) akan menyajikan rute datar sejauh 193.5 km dari Amorebieta-Etxano di Spanyol hingga melintasi Prancis dan finis di Bayonne, sebuah kota di bagian selatan negara pimpinan Emmanuel Macron itu. (Cyclingnews/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat