visitaaponce.com

Adam Yates Kalahkan Saudara Kembarnya Untuk Rebut Kaus Kuning di Putaran Perdana Tour de France 2023

Adam Yates Kalahkan Saudara Kembarnya Untuk Rebut Kaus Kuning di Putaran Perdana Tour de France 2023
Pembalap UAE Team Emirates Adam Yates menjelang finis di putaran perdana Tour de France 2023(AFP/Thomas Samson)

PEMBALAP sepeda asal Inggris, Adam Yates menjadi yang tercepat pada putaran (etape) perdana Tour de France 2023. Pembalap tim UAE Team Emirates mengalahkan saudara kembarnya, Simon Yates yang membela tim Jayco-AlUla.

Adam finis dengan catatan waktu 4 jam 22 menit 29 detik dalam balapan sejauh 182 km yang mengambil titik start dan finis di Bilbao, Spanyol, Sabtu (1/7).Sementara Simon yang sama-sama melepaskan diri (breakaway) saat tanjakan terakhir, terpaut 4 detik.

Rombongan pembalap (peloton) berikutnya yang terdiri dari juara bertahan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan juara Tour de France 2020-2021, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) finis dengan selisih waktu 12 detik dari Adam.

Baca juga : Group Ride ke-8 GFNY Bali-IFG Life Jelajahi Kota Semarang

Putaran perdana Tour de France 2023 langsung menyuguhkan rute perbukitan dengan sejumlah tanjakan ekstrem, salah satunya Cote de Pike atau tanjakan Pike sepanjang 2 km. Tanjakan terakhir itu memiliki tingkat kemiringan (gradien) tertinggi mencapai 20%.

Adam yang awalnya memandu Pogacar di tanjakan, berhasil melepaskan diri setelah tanjakan tersebut dan beradu sprint dengan saudara kembarnya menjelang finis, Dengan kemenangan itu, Adam berhak mengenak kaus kuning (Maillot Jaune) tanda pemimpin lomba dalam klasifikasi umum Tour de France.

Baca juga : ISSI Kirim Sembilan Pembalap ke Kejuaraan Asia di Thailand

Rute perbukitan masih akan dijalani pembalap pada putaran kedua balapan grand tour selama 3 minggu itu, Minggu (2/7). Pembalap masih akan berada di Spanyol pada putaran kedua yang menempuh jarak 209 km dari Vitoria-Gasteiz hingga Saint Sebastien. (Cyclingnews/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat