visitaaponce.com

Ambulans Siloam Hospitals Cirebon Kawal Peserta Cycling De Jabar III

Ambulans Siloam Hospitals Cirebon Kawal Peserta Cycling De Jabar III
Tim medis ambulans Rumah Sakit Putera Bahagia Cirebon memberikan layanan pada peserta Cycling de Jabar(DOK/ Rumah Sakit Putera Bahagia Cirebon)

CYCLING de Jabar 2024 telah berlangsung, Sabtu (25/5). Sebanyak 202 pembalap mengikuti kegiatan yang menempuh rute dari Cirebon hingga Pangandaran, Jawa Barat, itu.

Tahun ini, Siloam Hospitals Cirebon atau Rumah Sakit (RS) Putera Bahagia Cirebon mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melayani kebutuhan layanan medis bagi para atlet.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jabar, Dinkes Kabupaten dan kota serta Kompas grup, Siloam Hospitals Cirebon (SHCB) menurunkan 1 tim medis yang terdiri dari dokter, perawat dan dua asisten layanan yang dilengkapi armada mobil ambulans tipe tertinggi yang dimiliki pihak RS Putra Bahagia Siloam Cirebon.

Baca juga : Tim Medis Siloam Hospitals Dukung Peserta Lomba Cycling de Jabar 2023

“Ini ketiga kalinya Siloam Hospitals diberi kepercayaan untuk mengawal kegiatan bersepeda berskala nasional. Kali ini persiapan yang dilakukan lebih matang, yaitu tim medis yang kami kerahkan memiliki sertifikat ACLS, EMT dan sertifikat ATLS. Mobil ambulans yang kami bawa pun dilengkapi alat resusitasi jantung dan paru dengan monitor dan alat defibrillator, kelengkapan P3K dan obat penunjang, alat bantu nafas dan alat mobilisasi pasien, sehingga akan memudahkan jika atlet harus dievakuasi”, tutur dokter Samuel Andika, Residance Medical Officer Emergency Departement SHCB.

Menurut Samuel, sejumlah obat penunjang yang dibawa disertakan, mengikuti jenis olahraga yang dilakukan para atlet, dengan melihat kondisi yang ada pada saat itu pun termasuk obat obatan yang  sewaktu waktu dibutuhkan masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan medis.

“Karena ini adalah lomba bersepeda dengan rute jarak jauh yang dilalui dominan berjalur ekstrim maka kami mempersiapkan sejumlah obat, yaitu obat spray untuk keram otot, infus satu set cairan untuk penanggulangan syok dan ada pula obat pacu jantung guna menjaga resiko terjadinya henti jantung”, ungkapnya.

Baca juga : Aktivitas Bersepeda Cycling de Jabar Digelar Lagi

Dalam gelaran Cycling De Jabar III, Tim Medis Siloam Hospitals Cirebon menangani enam atlet yang mengalami cidera sepanjang perjalanan.

"Ada yang mengalami cidera akibat jatuh lalu kami tangani hingga dalam kondisi normal. Sebagian peserta lainnya mengalami kram otot dan nyeri. Untuk hal yang fatal, tidak ada. Mungkin karena mereka adalah atlet sehingga stamina mereka secara dominan terjaga dengan baik sehingga hal fatal seperti serangan jantung atau henti jantung mendadak tidak kami temui selama perjalanan," tambah Samuel yang ditemani perawat Aziz Alfarizi untuk ikut membantu penanganan kepada atlet yang cidera.

Event Cycling De Jabar merupakan kegiatan tahunan berskala nasional. Untuk layanan Kesehatan pada acara tersebut, Siloam Hospitals bahu membahu menjaga keselamatan atlet, panitia dan masyarakat bersama Dinkes Jawa Barat sebagai Ketua Penanggung Jawab Layanan Medis yang turut didukung oleh pihak Dinkes Kabupaten dan kota.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat