visitaaponce.com

Tim Medis Siloam Hospitals Dukung Peserta Lomba Cycling de Jabar 2023

Tim Medis Siloam Hospitals Dukung Peserta Lomba Cycling de Jabar 2023
Kendaraan ambulans dari Siloam Hospitals mengiring perjalana para peserta balap sepeda Cycling de Jabar 2023.(Ist)

CYCLING de Jabar 2023, ajang bersepeda jarak jauh menyusuri trek bagian selatan Propinsi Jawa Barat sepanjang 369 kilometer.

Ajang balap sepeda ini terbagi dua etape yaitu dari titik Geopark Ciletuh hingga kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, telah berakhir pada Minggu siang (9/7).

Pada ajang tersebut, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jabar dan tim medis Dinkes Kabupaten/Kota, Siloam Hospitals Bogor turut serta mendampingi kegiatan bersepeda yang diikuti 154 peserta tingkat nasional, termasuk peserta dari Belanda, Malaysia, dan Thailand. 

Cycling de Jabar adalah event bersepeda yang digelar media massa Kompas bersama Pemprov Jabar dan stakeholders lainnya.

Baca juga: Cycling de Jabar 2023, Upaya Pemprov Promosikan Wisata Jawa Barat Selatan

Rute pertama dimulai pukul 07.00 WIB di Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dan mencapai garis finis di Ranca Buaya Kabupaten Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 13.30 WIB.

Pada etape pertama Cycling de Jabar ini sangat menantang dan berat. Tanjakan ekstrem yang terjal sudah mulai mereka temui di 10 kilometer pertama. 

Selanjutnya rute berkelok menyusuri sejumlah perbukitan dengan beberapa jalur diwarnai garis pantai yang bersih dan memukau.

Baca juga: ISSI Kirim Sembilan Pembalap ke Kejuaraan Asia di Thailand

Di etape ke dua, peserta Cycling de Jabar menempuh jarak sejauh 168,8 km, dimulai dari rute  Ranca Buaya dan menyelesaikan perjalanan di Alun-alun Paamprokan Pangandaran dengan batas waktu 10 jam. 

Pada lomba di tahun ke dua ini, panitia menyediakan empat kategori perlombaan yaitu Men Elite, Women Elite, Master A Non Atlet (30-40 tahun), dan B Non Atlet (41-50 tahun).

Optimalisasi Layanan Medis

Peserta lomba yang menempuh jarak tempuh ratusan kilometer menjadi atensi tersendiri bagi tim kesehatan Cycling de Jabar, termasuk bagi tim medis Siloam Hospitals Bogor yang ditugaskan untuk mengawal perjalanan peserta selama dua hari perjalanan hingga kegiatan Cycling de Jabar tuntas terlaksana.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk mengawal perjalanan peserta. Karenanya kami secara optimal menyiapkan sejumlah alat medis sesuai kebutuhan lomba, termasuk mobil ambulans Siloam dengan grade tertinggi," tutur dr Novi Dwiyanti dari Siloam Hospitals Bogor.

Novi yang dibantu perawat Wahid mempersiapkan sejumlah kebutuhan layanan mencakup perlengkapan Defib untuk kasus henti jantung perlu tatalaksana kejut jantung,

Baca juga: Terapkan Siloam 5.0, Kinerja SILO Meningkat

Minor set untuk penaganan luka robek perlu dijahit luka, drug box yang dilengkapi obat nyeri,obat lambung,obat pelemas otot,obat henti jantung dan alat infus.

"Kami juga membawa tas ambulans berisi perlengkapan intubasi, perlengkapan oksigenasi,perlengkapan untuk pasien yang mengalami fraktur seperti bidai," imbuh Novi.

Dalam kesempatan penanganan peserta, terdapat lima peserta yang berhasil ditangani oleh tim medis Siloam Hospitals Bogor. Jumlah tersebut tidak termasuk peserta lainnya yang turut ditangani pihak medis Dinkes Pemprov Jabar dan Dinkes Kabupaten/Kota. 

Baca juga: Tangani Kebutuhan Unik Pasien, Siloam Hadirkan Layanan Spesialisasi

Dua peserta kami tangani saat mengalami kelelahan dan kram otot di etape pertama dan tiga peserta lainnya kami tangani usai perjalanan di etape dua untuk mengganti luka perban dan paska nyeri", tutur Novi menambahkan.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Vini Adiani Dewi, pihaknya menyiapkan persiapan yang lebih matang didukung dengan komitmen yang baik dari semua pihak.

Kebutuhan medis yang mendampingi peserta sepanjang jalur di antaranya enam unit ambulans dari RSUD, lima unit dari PSC 11, dan satu unit ambulans dari RS Siloam Bogor. Total tenaga kesehatan yang bertugas sebanyak 96 tenaga kesehatan.

“Semua unit ambulans memantau sepanjang rute dan mendampingi sepanjang perjalanan hingga finish, pun kesiapan tenaga kesehatan”, pungkas Vini. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat