visitaaponce.com

Pembalap Sepeda Indonesia Bernard van Aert Kejar Medali di Olimpiade Paris 2024

Pembalap Sepeda Indonesia Bernard van Aert Kejar Medali di Olimpiade Paris 2024
PEMBALAP sepeda Indonesia Bernard van Aert.(Dok. Antara/pribadi)

PEMBALAP sepeda Indonesia Bernard van Aert berhasrat mengejar medali di Olimpiade Paris 2024. Di Paris nanti, Bernard akan turun pada disiplin trek nomor omnium putra.

"Ini Olimpiade pertama dan kita ketahui Omnium jadi yang terberat di nomor trek. Saya jadi satu-satunya wakil di Asia Tenggara dan tentu saya juga berharap yang terbaik bisa memberikan medali," kata Bernard di sela-sela latihan ketika menerima kunjungan CdM Indonesia di Jakarta International Velodrome, Selasa (18/6).

Cabor balap sepeda disiplin trek akan dihelat di Velodrome de Saint-Quentin Paris pada 8 Agustus. Bernard bakal bersaing dengan 21 pembalap dunia lainnya.

Baca juga : Menpora: UCI MTB Ajang Atlet Indonesia Bersiap Hadapi Olimpiade 2024

Penampilan Bernard mengakhiri puasa panjang atlet balap sepeda Indonesia di Olimpiade yang selama 20 tahun terakhir absen. Pasalnya, Indonesia terakhir meloloskan wakil dari cabor balap sepeda  pada edisi Olimpiade Athena 2004 dengan Santia Tri Kusuma di nomor point race putri.

Menurut rencana, Bernard akan mengikuti serangkaian pemanasan di antaranya kejurnas di Batam nomor ITT dan road race pada 19 Juni. Mulai 27 Juni dia akan bertolak ke Eropa.

Bernard dijadwalkan mengikuti beberapa kejuaraan di Italia yaitu Fiorenzuola International Track Women & Track pada 29 Juni-4 Juli. Setelah dari Italia, dia akan bergeser ke Alicante, Spanyol, untuk mengikuti uji coba road race Tourneo Inter Clubs Vega Baja pada 7 Juli, 13 Juli, dan 28 Juli.

Baca juga : Bernard Benyamin Van Aert Raih Tiket Balap Sepeda Olimpiade Paris 2024

"Butuh maintenance performa, speed dan power untuk Bernard, karena saat ini memasuki fase  kompetisi. Bernard akan mengikuti lomba di luar nomor yang diikuti di Olimpiade," kata pelatih balap sepeda Indonesia, Dadang Poernomo.

CdM Indonesia untuk Olimpiade 2024, Anindya Bakrie, yang meninjau langsung latihan berharap kondisi Bernard terus berkembang dan mencapai puncak ketika Olimpiade berlangsung. Menurutnya, Olimpiade kali ini bisa menjadi momentum cabor balap sepeda untuk unjuk gigi menyabet medali.

"Sudah 20 tahun balap sepeda Kembali tampil di Olimpiade, ini luar biasa karena kita tahu Bernard prestasinya sudah di level Asia," kata Anindya. 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat