visitaaponce.com

Sukses Pertahankan Gelar Tour de France, Ini Catatan Waktu Vingegaard

Sukses Pertahankan Gelar Tour de France, Ini Catatan Waktu Vingegaard
Jonas Vingegaard, yang sukses memenangi Tour de France keduanya.(AFP/Thomas Samson)

KONSISTENSI ditunjukkan pembalap Denmark, Jonas Vingegaard, yang sukses memenangi Tour de France kedua secara berturut-turut. Vingegaard melewati garis finis setelah balapan 21 hari dengan catatan waktu 7 menit 29 detik di depan juara 2020 dan 2021, Tadej Pogacar (Slovenia).

Jordi Meeus mengklaim kemenangan pada etape terakhir di Champs-Elysees, Paris, Senin (24/7) tersebut namun Vingegaard tetap mammpu mengamankan posisi puncak klasemen.

Rekan setim Pogacar, Adam Yates dari Britania Raya melengkapi podium tiga besar. Margin kemenangan Vingegaard menjadi yang terbesar sejak 2014 ketika Vincenzo Nibali dari Italia merebut kaus kuning sang juara dengan waktu 7 menit 39 detik.

Baca juga : Kopecky Menangi Etape Pertama Tour de France Putri

Balapan sepeda terakbar di dunia itu memberikan drama menegangkan dengan latar belakang yang spektakuler saat Vingegaard dan Pogacar tetap terpisah beberapa detik sampai pebalap Denmark itu unggul dengan time trial individu yang sensasional.

Ajang tersebut telah disebut sebagai pertarungan antara juara bertahan Vingegaard dan Pogacar, yang telah memenangkan Tur dua kali dan sekarang berada di urutan kedua dua kali.

Baca juga : Fabio Jakobsen Mundur dari Tour de France karena Cedera

Dengan keunggulan besar yang dibangun atas saingan utamanya Pogacar, Vingegaard tahu bahwa kemenangan itu secara efektif menjadi miliknya lagi sebelum tahap seremonial di akhir edisi ke-110 tur.

Tur berlangsung selama tiga minggu sepanjang 3.405 kilometer dengan delapan etape gunung melintasi lima pegunungan. Vingegaard menguasai balapan selama dua etape di Pegunungan Alpen.

Margin yang memisahkan kedua rival tersebut sampai Vingegaard menyelesaikan time trial 1 menit, 38 detik di depan Pogacar kemudian dilanjutkan keesokan harinya dengan menyelesaikan etape gunung terberat dalam balapan hampir enam menit di depan rivalnya yang kelelahan.

"Aku sudah letih," kata Pogacar.

Pembalap Slovenia itu merespons dengan memenangkan tahap kedua dari belakang pada hari Sabtu, tetapi Vingegaard masih memiliki keunggulan yang tidak dapat diatasi selama 7 menit, 29 detik menuju tahap akhir – sebagian besar tahap seremonial yang diperebutkan pada akhirnya oleh para sprinter.

"Kita harus berhati-hati untuk tidak melakukan hal bodoh, tapi ya, sungguh luar biasa bisa meraih kemenangan kedua saya di Tour de France," ucap Vingegaard.

Pembalap Belgia Jordi Meeus memenangi etape terakhir dalam foto finis antara empat pebalap di barisan, tepat di depan Jasper Philipsen, Dylan Groenewegen, dan Mads Pedersen.

"Itu adalah tur pertama saya. Itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan sejauh ini, dan meraih kemenangan hari ini adalah perasaan yang luar biasa," kata Meeus. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat