visitaaponce.com

Tiga Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos Ke Paralimpiade Paris 2024

Tiga Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos Ke Paralimpiade Paris 2024
Tiga Atlet Para Panahan Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Para Panahan di Pilsen, Republik Ceko(Dok. NPC)

INDONESIA kembali meloloskan atlet ke Paralimpiade Paris 2024, lewat tiga atlet para-panahan yang baru saja mencetak prestasi bagus dalam Kejuaraan Dunia Para Panahan di Pilsen, Republik Ceko pada 17-23 Juli lalu.

Trio atlet para-panahan yang mebdapat tiket lolos ke Paris 2024 itu adalah Kholidin dan Setiawan yang tampil di nomor recurve men open serta Ken Swagumilang berlaga di nomor compound men open.   

Mereka belum berhasil menjadi yang terbaik. Tetapi ketiga atlet tersebut mampu mencetak sejumlah torehan prestasi bagus, sehingga berhasil memperbaiki peringkat mereka di daftar ranking dunia dan Asia.

Baca juga : PON 2024 Jadi Pintu Masuk Woodball Indonesia Ke Pentas Dunia

"Perbaikan peringkat itulah yang berhasil mengamankan tiket Paralimpiade 2024.    Kholidin dalam kejuaraan dunia ini menempati peringkat keenam dunia dan berada di peringkat ketiga Asia," ungkap Idya Putra Harijanto, pelatih para-panahan Indonesia.   

Kholidin, pemanah dengan tumpuan mulut, mengaku sangat senang bisa lolos dan membawa nama Indonesia melaju ke Paralimpiade 2024.

Baca juga : Menjamu Perwakilan Negara Peserta FIBA World Cup 2023, Erick Thohir Pastikan Indonesia Siap ke Pentas Dunia

"Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini,â€? tutur Kholidin.   

Prestasi bagus juga diukir oleh Setiawan. Dalam posisi berada peringkat 48 di babak kualifikasi, dia mampu membuat kejutan dengan mengalahkan mantan juara dunia, Eric Bennett dengan skor 6-4 di babak 24 besar.

Meski terhenti di babak 8 besar dunia, atlet berusia 20 tahun itu    memastikan peringkat empat Asia sekaligus memastikan tiket ke Paralimpiade 2024.   

"Saya sedikit gugup sejak tampil di babak kualifikasi karena saya langsung melawan atlet-atlet peringkat atas. Namun berkat dukungan dan motivasi dari pelatih dan teman-teman setim sehingga muncul semangat juang dalam diri saya," ungkap atlet yang    akrab dipanggil Wawan itu.

Sementara itu di nomor compound men open, Ken Swagumilang juga mengukir prestasi bagus dengan menempati peringkat 5 dalam kejuaraan dunia 2023 dan rangking satu Asia.
 
"Alhamdulillah, diizinkan Allah untuk mendapatkan tiket ke Paralimpiade 2024. Saya cukup puas untuk event ini karena saya mampu menunjukan kemajuan, tetapi secara keseluruhan saya belum puas karena masih banyak yang harus diperbaiki,� tukas Ken Swagumilang.

Keberhasilan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade 2024 merupakan prestasi luar biasa bagi kontingen para-panahan Indonesia. Mereka harus bersaing dengan 68 peserta dari total 55 negara di nomor recurve serta 83 peserta dari 55 negara di nomor compound.

"Awalnya kami hanye menargetkan meloloskan dua atlet ke Paris 2024 dari kejuaraa dunia ini, namun target itu mampu dilewati dengan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade tahun depan," ucap pelatih Idya Putra Harijanto

Dia katakan, secara skor, ada atlet yang mampu mencapai target namun juga ada yang sedikit menurun karena baru pertama kali ikut kejuaraan dunia.

Lebih jauh dia paparkan, untuk memperbanyak jam terbang bertanding dan mengasah mental atlet, para-panahan Indonesia akan mengikuti serangkaian kejuaraan internasional.     

"Selain akan tampil di Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, para-panahan juga akan tampil di Asian Para Championship Bangkok di bulan November, IWAS World Games Thailand di Desember dan Fazza World Championship di Maret 2024," pungkas Idya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat