visitaaponce.com

Ukir Sejarah, Timnas Basket Putri Indonesia Promosi ke Divisi A FIBA Asia

Ukir Sejarah, Timnas Basket Putri Indonesia Promosi ke Divisi A FIBA Asia
Timnas basket putri Indonesia saat raih medali emas SEA Games 2023(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Timnas basket putri Indonesia mengukir sejarah setelah menjadi juara di Divisi B FIBA Women’s Asia Cup 2023, Sabtu (19/8). Berlaga di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Garuda Pertiwi menang dengan skor 55-54 atas Iran di laga final.

Hasil tersebut membawa mereka mencatat sejarah melangkah ke Divisi A FIBA Women's Asia. Sejak pembagian divisi dimulai pada 1990 lalu, Indonesia tidak pernah merasakan promosi ke Divisi A.

Timnas Indonesia sempat kesulitan untuk mengimbangi gaya permainan dari Iran di kuarter pertama. Mereka selalu tertinggal dari Iran. Namun, Indonesia perlahan bangkit di kuarter ketiga dan memimpin hingga 9 poin hingga akhirnya memenangkan duel dengan skor 55-54.

Baca juga: Pertahankan Tren Kemenangan, Timnas Basket Putri ke Semifinal Asia Cup 2023

Nathania Orville menjadi pencetak skor tertinggi dengan 16 poin. Dari 6 tembakan yang tepat sasaran, Nathania melesakkan 4 tripoin ditambah 6 rebound dan 3 asis.

Dalam FIBA Women's Asia Cup 2023 Divisi B ini, Indonesia menjadi tim yang terkalahkan. Mereka lolos fase grup sebagai pemimpin klasemen dengan tiga kemenangan. Indonesia kemudian menumbangkan Thailand di semifinal. Indonesia juga berhasil mengalahkan Iran untuk kedua kalinya setelah fase grup di laga pamungkas.

Baca juga: Timnas Basket Putri Genggam Kemenangan Kedua

Kemenangan ini sekaligus menambah prestasi Timnas Basket Putri Indonesia di tahun 2023. Sebelumnya Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih keping medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. (Mal/FIBA/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat