visitaaponce.com

Jadwal Asian Games 2022 Hari Ini, Final Wushu Nangun dan Nandao

Jadwal Asian Games 2022 Hari Ini, Final Wushu Nangun dan Nandao
Atlet wushu Harris Horatius(Antara)

GELARAN Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 diselenggarakan pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Tiongkok. Berikut adalah jadwal kontingen Indonesia yang berlangsung hari ini, Selasa, 26 September 2023.

Dalam ajang ini, Indonesia mengirimkan 576 kontingen ke Hangzhou, Tiongkok, terdiri dari 413 atlet, 132 official, dan 28 tim Chef de Mission (CdM).

Mereka akan bertanding dalam 30 cabang olahraga (cabor) dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Baca juga : Lengkap! Klasemen Asian Games 2022 Hangzhou

Jadwal Pertandingan Kontingen Indonesia di Asian Games 2022 pada 26 September 2023.

Beda Wushu Nandao, Nanquan dan Nangun

Dilansir dari laman tionghoa.info, wushu gaya nandao dikenal juga dengan golok selatan. Nomor wushu ini mengacu pada semua golok yang berbentuk melengkung. Senjata ini didasarkan pada peda kupu-kupu dari Yongchunquan, dari daerah selatan yang terkenal.

Golok pada nomor nandao lebih panjang. Seperti toya selatan dan jurus-jurus selatan lainnya, wushu nandao memiliki gerakan yang galak keras, disertai dengan suara teriakan dan gerakan patah dan tegas, juga cepat, gesit serta bertenaga.

Sementara, wushu Taolu nomor Nanquan adalah gaya wushu yang berasal dari Tiongkok selatan. Gaya tinju selatan Nanquan terkenal karena pukulannya yang kuat dan keras, gerakan kuda-kuda stabil, memiliki posisi sikap badan yang rendah.

Gerakan tangan tinju selatan Nanquan rumit dan beritme cepat untuk serangan-serangan jarak dekat. Serangannya cukup mematikan, didukung oleh teriakan dan gertakan dalam menyerang.

Sedangkan, wushu nangun atau toya selatan memiliki karakter lebih bertenaga dan keras. Ukuran toyanya lebih pendek dari Gun Shu, namun sedikit lebih besar.

Dari gerakannya, wushu nangun tampak patah-patah namun keras, bertenaga dan mematikan. Gerakannya lebih dominan tangan kanan, serta lebih banyak bermain di depan.

Cabor wushu sendiri sudah mempersembahkan satu medali perak hasil perjuangan Edgar Xavier Marvelo di nomor Changquan putra. Indonesia mengirimkan 12 atlet wushu ke ajang Asian Games 2022 di Hangzhou.

Hingga Senin, 25 September 2023, Indonesia telah meraih 1 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu. Peringkat Indonesia ada di nomor delapan, tidak bergeser dari hari sebelumnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat