visitaaponce.com

Gagal di Asian Games Hangzhou, Dua Lifter Nasional Fokus ke Olimpiade

Gagal di Asian Games Hangzhou, Dua Lifter Nasional Fokus ke Olimpiade
Lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan(Antara)

Dua lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan dan Ricko Saputra akan mulai fokus memperbutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 di kelas 61kg setelah gagal di Asian Games 2022 Hangzhou. Kedua atlet angkat besi andalan Tanah Air itu pulang tanpa memperoleh medali.

Eko memutus tradisi merebut medali di multicabang terbesar se-Asia itu menyusul kurangnya persiapan. Sebelumnya, pada Asian games 2018 Jakarta, ia berhasil mengantongi emas. Pada Asian Games 2014 Incheon dan 2010 Guangzhou ia mendapatkan perunggu. Ketiga medali itu diraih di kelas 62kg.

"Memang kali ini persiapannya belum maksimal. Ke depannya pasti persiapan untuk Olimpiade. Mudah-mudahan hasilnya lebih baik di Olimpiade nanti," kata Eko.

Baca juga: Zohri Sebut Lolos ke Semifinal karena Fokus Berlari Tanpa Cemaskan Saingan

Hasil tidak memuaskan juga dicatatkan Ricko Saputra. Ia tidak bisa tampil maksimal akrena mengalami cedera pada tangannya. Ia mendapati kulit telapak tangannya sobek dan terbuka saat pemanasan.

Saat ini, masih tersisa tiga kejuaraan kualifikasi Olimpiade yang akan diikuti tim Indonesia yaitu di Qatar pada Desember akhir tahun, Uzbekistan pada Februari dan Thailand pada April tahun depan.

Baca juga: Alibaba Cloud Luncurkan Aplikasi Web Keberlanjutan Saat Asian Games

"Sementara ini Ricko bersaing dengan Eko karena hanya ada satu tiket dari setiap kelas angkat besi yang dilombakan di Olimpiade," kata pelatih tim angkat besi Indonesia Dirja Wihardja. 

Siapa yang total angkatannya lebih tinggi di antara kedua lifter itu, dia yang bakal dikirim ke Paris.

"Eko total angkatannya sudah 300kg. Posisi Eko untuk sementara ini di peringkat tiga di bawah lifter Tiongkok Li Fabin dan lifter Italia Sergio Massidda. Sedangkan, Ricko berada pada peringkat enam dunia pada starting listnya," tandas Dirja. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat