visitaaponce.com

Raih Perunggu Asian Games, Diananda Choirunisa Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Raih Perunggu Asian Games, Diananda Choirunisa Lolos ke Olimpiade Paris 2024
Atlet panahan Diananda Choirunisa saat berpose bersama CdM Asian Games 2022 Hangzhou Basuki Hadimoeljono(MI/Adam Dwi)

INDONESIA menambah wakil yang menembus Olimpiade Paris 2024. Atlet panahan Diananda Choirunisa meraih tiket ke Olimpiade setelah meraih perunggu di nomor recurve beregu campuran bersama Riau Ega Agatha di Asian Games 2022 Hangzhou, Rabu (4/10).

Duet Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agata kalah di semifinal dari tim Korea Selatan namun berhasil menang pada perebutan perunggu melawan pasangan Iran dengan skor 6-2.

Capaian tersebut membuat Diananda mendapatkan kuota sekaligus menjadi atlet Indonesia keempat yang mampu mengamankan tiket Olimpiade Paris.

Baca juga : Tim Panahan Jaga Peluang Meraih Medali di Asian Games Hangzhou

Diananda sekaligus menjadi wakil kedua dari cabor panahan setelah Arif Dwi Pangestu yang lebih dulu mengamankan posisi di Paris.

Dua atlet Indonesia lainnya yang mengantongi tiket ke ajang olahraga tertinggi dunia itu yakni Desak Made Rita Kusuma Dewi dari cabor panjat tebing dan pesenam artistik Rifda Irfanaluthfi.

Baca juga : Lolos Ke Olimpiade, Pesenam Rifda Irfanaluthfi Catatkan Sejarah

"Seperti yang saya katakan, Asian Games Hangzhou ini memang harus dimanfaatkan untuk meraih tiket Olimpiade dan ini berhasil dibuktikan oleh panahan," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Di cabor panahan, ada enam tiket yang diperebutkan di Asian Games dengan hasil di nomor beregu campuran menjadi acuan utama. Korea Selatan yang menyabet emas di nomor tersebut hanya bisa mendapat tambahan satu tiket di perorangan putri karena sudah mengamankan tiga tiket beregu putra di Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Agustus lalu.

Federasi World Archery akhirnya hanya memberikan lima dari enam tiket yang diperebutkan, yakni kepada Korea Selatan (1 putri), Tiongkok (1 putra, 1 putri), Indonesia (1 putri), dan Mongolia (1 putra).

"Tadinya kita juga tidak tahu kalau dapat tiket ke Olimpiade. Tapi saat ceremony anak-anak cerita kalau dikasih tau dari tim World Archery dapat tiket, lalu kami cari informasi dari panitia di sini dan ternyata benar," kata kepala pelatih tim panahan, Hendra Setijawan.

Menurut perhitungan, Hendra mengatakan target Diananda dan Riau Ega pada recurve beregu campuran di Hangzhou sebenarnya medali emas atau perak. Namun, ternyata di semifinal harus bertemu Korea Selatan.

"Kalau secara prediksi target kita memang di mixed team berharap emas atau perak tapi di semifinal ketemu Korea Selatan. Alhamdulillah bisa mengalahkan Iran jadi kita dapat perunggu. Secara progres catatan latihan kita harusnya bisa, tapi kita tetap bersyukur dan masih ada peluang lagi besok," ujarnya.

Tim panahan masih berpeluang menambah perolehan medali di Asian Games dari nomor compound beregu putri dan recurve beregu putra serta putri yang lolos ke perempat final kemudian perebutan perunggu compound perorangan putri. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat