visitaaponce.com

Pasar Penonton Moto GP di Indonesia sudah Terbentuk

Pasar Penonton Moto GP di Indonesia sudah Terbentuk
Ilustrasi(Antara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pasar dari ajang balap Moto GP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah terbentuk. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penonton di tahun kedua.

Erick menyebutkan jumlah total penonton GP Mandalika 2023 mencapai 102.929 orang. Angka itu naik tipis dari tahun sebelumnya yang tercatat 102.801 orang.

"Ini menandakan market dari balapan yang masuk kalender dunia ini mulai terpetakan. Mulai dari para penonton yang berasal dari Jakarta, atau Jawa Timur, bahkan dari Bali dan Lombok sendiri," ujar Erick melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (16/10).

Baca juga: Quartararo Sebut Podium di GP Mandalika Adalah yang Terbaik di Musim Ini

Menurut Erick, peningkatan jumlah penonton harus menjadi kajian bagi pengelola Mandalika GP. Itu harus dijadikan tolok ukur untuk melakukan berbagai peningkatan pelayanan ke depan. Lebih lanjut, Erick juga meminta pengelola GP Mandalika dapat menghadirkan acara-acara lain untuk lebih menarik minat pengunjung.

"Kegiatan tambahan tak hanya akan mendatangkan penonton, tapi dengan adanya pameran usaha mikro, kecil dan menengah atau sejenisnya. Itu pasti bisa meningkatkan daya tarik dari wisatawan mancanegara dan lokal," tuturnya.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023 Dongkrak Sektor Pariwisata NTB

Erick juga menyambut positif kolaborasi dan sinergi yang dilakukan perusahaan BUMN, seperti Injourney, ITDC, Pertamina, dan BUMN pendukung lainnya sehingga balapan MotoGP tahun ini bisa berjalan dengan baik.

"Saya optimistis MotoGP Mandalika 2023 akan memberikan multiplier efek yang lebih luas. Jika tahun lalu dampak ekonomi nasional mencapai Rp3,57 triliun dari Nusa Tenggara Barat, lalu Rp300 miliar dari Jakarta, dan Rp626,3 miliar di beberapa wilayah lain, seharusnya jumlah itu meningkat tahun ini," jelasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat